ADVERTISEMENT
Minggu, 10 Agu 2014 09:50 WIB

Laporan dari Thailand

Ikut Reli, Settingan Mitsubishi Outlander PHEV Masih Standar

- detikOto
Pattaya - Mitsubishi melakukan terobosan baru di Asia Cross Country Rally. Sudah 2 tahun berturut-turut, Mitsubishi menurunkan mobil listriknya, Outlander Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) di ajang reli bergengsi itu.

Karena untuk menguji kemampuan dari mesin listriknya, maka Mitsubishi sama sekali tidak memodifikasi atau merubah mesin listriknya. Kondisi mesin listriknya sama seperti versi aslinya yang digunakan di jalanan biasa.

Pernyataan itu diungkapkan langsung oleh Expert of Technology Policy Planning Dept Mitsubishi Motors Corporation, Yasuo Tanaka di hadapan awak otomotif nasional termasuk reporter detikOto, Aditya Maulana di Sirkuit Bira, Pattaya, Thailand, Sabtu (9/8/2014).

googletag.defineOutOfPageSlot('/4905536/detik_desktop/oto/parallax_detail', 'div-gpt-ad-1558277787290-0').addService(googletag.pubads());
Tapi menurut Tanaka untuk beberapa bagian selain mesin ada yang dimodifikasi seperti pengurangan bobot hingga 100 kg dengan menggunakan bahan serat kaca atau fiberglass yang dilakukan di kap mesin dan pintu bagasi serta semua kacanya diganti dengan bahan yang lebih ringan.

"Selama tidak melanggar regulasi maka kita lakukan pergantian. Tahun ini terjadi pengurangan bobot 100 kg dari tahun lalu," ujar Tanaka.

Selain itu, perubahan lainnya juga dilakukan pada suspensi agar menyesuaikan kondisi medan jalan karena mobil ini akan melewati beberapa kondisi jalan, mulai dari jalan yang bagus, jelek, kering hingga berlumpur.

"Suspensi juga kita modif, tapi teknologi PHEV sama sekali tidak diubah atau standar seperti yang diproduksi massal," lugasnya.

Tanaka menambahkan, perbedaan Outlander listrik versi reli dengan versi produksi masal juga terjadi pada bagian yang dinamakan Kill Switch yang fungsinya untuk mematikan arus listrik.

"Ini hanya untuk regulasi keamanan saja. Jika ada kondisi darurat maka bisa digunakan untuk memotong arus," katanya.

Target dari Mitsubishi sendiri lanjut Tanaha adalah untuk mempromosikan teknologi listrik di masa depan. "Reli ini adalah kesempatan yang bagus untuk mempromosikan performa dan teknologi mesin listrik,"pungkasnya.




(ady/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com