ADVERTISEMENT
Rabu, 23 Jul 2014 15:49 WIB

Baru Sebulan Setelah Diluncurkan, Mobil Daihatsu Unik Ini Langsung Laris Manis

- detikOto
Tokyo - Mobil Daihatsu yang dapat dibongkar-pasang, Daihatsu Copen ternyata mendapat sambutan sangat bagus. Dalam bulan pertama penjualannya, mobil ini sudah terpesan ribuan unit, 6 kali lebih besar dari target yang dicanangkan Daihatsu.

Menurut Daihatsu, mobil mereka ini sudah terpesan lebih dari 4.000 unit dalam waktu relatif singkat yakni antara 19 Juni dan 22 Juli. Angka ini berarti enam kali dari angka target penjualan bulanan yang berada di angka 700 unit per bulan.

Bentuknya yang unik menjadikan para pembeli Daihatsu Copen 80 persen-nya adalah pria. Tapi tetap saja ada 20 persen wanita yang tertarik membeli mobil ini. Kebanyakan dari mereka adalah anak-anak muda.

Pun ketika membicarakan masalah transmisi. Bila pecinta mobil sport konvensional lebih memilih transmisi manual untuk alasan performa, 70 persen dari pembeli Copen justru memiliki transmisi otomatis.

Daihatsu pernah mengatakan kalau ini adalah mobil sport yang fleksibel karena bodi mobilnya bisa dibongkar pasang dengan mudah.

"Ini adalah jenis mobil yang belum ada sampai sekarang. Model yang pengguna dapat dengan mudah menyesuaikannya bahkan setelah pembelian," kata pejabat eksekutif senior di Daihatsu Motor Co, Ltd Hitoshi Horii beberapa waktu lalu.

Foto: Daihatsu Copen

Salah satu karakteristik utama dari Copen adalah sasis D-Frame yang menampilkan panel bodi yang dapat diganti untuk pemilik agar bisa disesuaikan dengan keinginan mereka. "Pemilik dapat memperbarui mobil sesuai dengan keinginan mereka setiap kali, pada waktu yang nyaman bagi mereka," tambah Horii.

Setelah peluncuran ini, Daihatsu menurutnya akan secara berkala meluncurkan model-model terbaru Copen agar para pemiliknya bisa melakukan modifikasi terhadap kendaraan mereka.

Power mobil ini sendiri datang dari mesin 12 katup dengan 3 silinder yang akan memberikan tenaga hingga 64 PS (47 kW) pada 6.400 rpm dengan torsi puncak di angka 92 Nm pada 3.200 rpm. Kekuatan itu kemudian dikirimkan melalui transmisi manual 5-speed atau CVT.



(syu/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com