ADVERTISEMENT
Rabu, 18 Jun 2014 14:58 WIB

Laporan dari Jepang

Mengintip Dapur Super Canggih Nissan Motor Co

- detikOto
Kyushu - Sebagai salah satu raksasa otomotif di dunia, Nissan tentu harus memiliki dapur canggih. Nah, di kawasan Kyushu Nissan memiliki pabrik mobil yang sangat canggih.

Menurut Motomu Fukudome, Superintendent Guest Hall Nissan Motor Kyushu, kecepatan dan efisiensi produksi sangat dipikirkan di sini.

Hal itu tidak mengherankan, sebab di Kyushu, Nissan memiliki dua pabrik yang secara total tahun lalu memproduksi 630.000 unit, mendekati kapasitas maksimalnya yang berada di angka 650.000 unit.

"Di pabrik ini 95,5 persen kegiatan berjalan secara otomatis. Ini karena kami menggunakan banyak robot untuk menggantikan peran manusia," jelasnya seperti dilaporkan reporter detikOto, Syubhan Akib dari Kyushu, Jepang, Rabu (18/6/2014).

Pabrik Nissan Kyushu

Ada ribuan robot yang beroperasi di pabrik Nissan yang dibagi dalam tiga bagian, yakni perakitan bodi, pengecatan, dan perakitan utuh.

"Sejak 40 tahun lalu pabrik sudah memakai robot untuk membantu manusia," cetusnya.

Dia lalu mencontohkan, ketika proses pengelasan, robot sangat berguna untuk menghemat waktu dan mengurangi risiko. Bukan apa-apa, 3.200 titik harus dilas di tiap body mobil.


Begitu pula saat pengecatan pengecatan dilakukan. Untuk mencapai ketebalan 0,2 mm yang presisi dalam setiap lapisan cat, robotlah yang melakukannya.

Bahkan pengantaran tiap komponen ke masing-masing bagian di line produksi juga dilakukan oleh robot. Mereka sudah punya jalur sendiri dan berjalan tanpa dikemudikan manusia.

Bila dihitung-hitung, untuk menjadi satu mobil dibutuhkan waktu total 14 jam yang terbagi dalam 4 jam perakitan bodi, 6 jam pengecatan dan 4 jam perakitan utuh. Setelah selesai dirakit, mobil kemudian dicek kualitasnya. Tiap mobil harus dicek di 800 titik sebelum boleh benar-benar keluar dari pabrik.

"Tiap menit, satu mobil Nissan lahir di Kyusu," lugas Motomu yang juga menjelaskan kalau Kyushu menyumbang 63 persen dari total produksi di Jepang untuk pasar domestik Jepang.

Pabrik yang memiliki luas hingga 2,3 juta meter persegi ini pun bisa dianggap sebagai salah satu pabrik modern pertama di Kyushu.

"Banyak produsen kemudian ikut membangun pabrik di sini," tambah Corporate Vice President Human resources and External Affairs Department Nissan Motor Kyushu Co Ltd. Keizo Tanaka.

Sejarah panjang mengiringi fasilitas canggih yang sudah berusia 40 tahun ini, termasuk ketika pertama kali memproduksi mobil pada 1976 dengan model pertama yang lahir adalah truk Datsun. Model-model terkenal lain yang lahir di sini termasuk Nissan Silvia, Terrano generasi pertama, hingga Sunny.

Kini mobil-mobil yang diproduksi di Kyushu adalah Serena, Murano, X-Trail, Teana, Note, dan Rogue.


"Kita juga punya pelabuhan sendiri. Di sana kita mampu menampung 25.000 mobil siap kirim. Bayangkan, tiap mobil itu jaraknya hanya 10 cm," lugasnya.











(syu/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com