ADVERTISEMENT
Kamis, 15 Mei 2014 13:03 WIB

Catatan dari Seoul

Berapa Harga 'Truk Pintar' Volvo di RI?

- detikOto
(ikh-detikOto) (ikh-detikOto)
Seoul - Rangkaian peluncuran Volvo FH, FM dan FMX dilakukan di Seoul, Korea Selatan. Ketiga truk dengan setir kanan itu dipastikan masuk Indonesia dalam waktu dekat. Kira-kira berapa harga ketiga truk pintar itu?

"Harganya mulai US$ 150 ribu sampai US$ 195 ribu (Rp 1,7 - Rp 2,2 miliar)," kata Direktur PT Eka Dharma Jaya Sakti, Pantas P. Sihombing di sela-sela peluncuran truk Volvo di Walkerhill di Seoul, Korea Selatan, Rabu (14/5/2014) malam.

Menurut Sihombing, perusahaan yang dipimpinnya menargetkan penjualan truk Volvo 360 unit sampai akhir tahun 2014.

googletag.defineOutOfPageSlot('/4905536/detik_desktop/oto/parallax_detail', 'div-gpt-ad-1558277787290-0').addService(googletag.pubads());
"Dan itu tidak murni truk Volvo baru, fifty-fifty sama yang lama. Tahun lalu kita tutup 300 unit," ucap Sihombing.

PT Eka Dharma Jaya Sakti melayani penjualan truk di daerah Kalimantan dan Sulawesi.

Sementara itu mail diler truk Volvo PT Indotruk Utama yang melayani penjualan di Jawa, Sumatera, Papua, NTT dan NTB itu menargetkan penjualan 170-180 unit sampai akhir tahun 2014.

"Kiat agak lebih rendah karena kita segmennya transportasi, oil and gas. Tahun lalu kita berhasil menjual 135 unit. Dan tahun ini prediksi meningkat," jelas Chief Operating Officer PT Indotruk Utama, Eka Lovyan.

Volvo Truks Indonesia cukup optimis dengan penjualan truk Volvo terbaru di Indonesia, sebab bisnis batubara, pertambangan dan transportasi di Indonesia seolah tak ada matinya.

"Berdasarkan bank dunia Indonesia masuk 10 besar ekonomi dunia. Kami sangat optimis dengan kondisi itu," beber Presiden Direktur Volvo Truks Indonesia Pierre Jean Verge.

Buktinya pada saat malam peluncuran truk anyar dari Volvo tersebut sudah berhasil terjual sebanyak 97 unit. Presiden Volvo Trucks Asia Christophe Martin mengatakan proses pengiriman akan berlangsung cepat.

"Pesan sekarang, minggu depan dikirim," tutup Martin.

Peluncuran sendiri disaksikan 80 partisipan dari RI. Pada acara peluncuran yang diselenggarakan di Walkerhill di Seoul, Korea Selatan ternyata disaksikan langsung oleh 80 partisipan Volvo dari Indonesia. Mereka terdiri dari main diler truk Volvo dan konsumen potensial.

(ikh/syu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com