Jumat, 02 Mei 2014 10:31 WIB

Tour de Java Molina

Molina ITS Jawab Tantangan Presiden SBY

- detikOto
Jakarta - Lewat Molina (Mobil Listrik Nasional) Ezzy 1 dan Ezzy 2, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjawab tantangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menginginkan mobil listrik dari kalangan akademisi.

"Atas nama Kementerian saya ingin sampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih setinggi-tingginya kepada adik-adik dan dosen yang tergabung dalam Molina yang 3 tahun lalu dapat tantangan Presiden apakah perguruan tinggi bisa menguasai teknologi mobil listrik dan realnya bisa diproduksi. Alhamdulillah adik kita dan dosen bisa menunjukkan, bagaimana pembangkit mobil listrik bisa dibuat. Sistem transmisi dan apapun sistem dari mobil listrik ini," kata Mendikbud M Nuh di kantornya, Jumat (2/5/2014).

Presiden SBY beberapa waktu lalu memang pernah meminta beberapa universitas seperti ITS, ITB, UGM dan UI untuk mengembangkan mobil listrik.

"Saya mengajak perguran tinggi memproduksi sarana tranportasi, dalam hal ini mobil dan motor, yang efisien, ramah lingkungan bahkan tidak pakai BBM," ujar SBY.

Ajakan tersebut diungkapkannya dalam keterangan pers seusai pertemuan dengan rektor ITS, ITB, UGM dan UI. Pertemuan digelar di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (19/3/2012) lalu.

Mendikbud M Nuh melepas rombongan mobil listrik nasional (Molina) ke Surabaya pukul 9:30 WIB. Dari kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, 2 Molina dan 1 mobil sport Lowo Ireng serta 1 mobil surya Sapu Angin langsung menuju Bandung-Yogyakarta-Surabaya.

Pelepasan 3 Molina berlangsung sederhana di Kemendikbud. M Nuh berharap uji coba Molina 'Tour de Java' ke Surabaya mampu membuktikan jika Perguruan Tinggi di Indonesia mampu mengembangkan mobil listrik.








(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com