ADVERTISEMENT
Selasa, 22 Apr 2014 15:39 WIB

Lagi, Lamborghini Tunda Luncurkan SUV Urus

- detikOto
Jakarta - Sebelumnya mungkin Anda sudah mendengar, produsen mobil Lamborghini akan mulai meluncurkan Sport Utility Vehicle (SUV) Urus pada tahun 2017 mendatang. Kabar terbarunya adalah, produsen mobil asal Italia itu menunda lagi jadwal peluncurannya.

Kabar Lamborghini yang menunda peluncuran SUV ini menghiasi beberapa situs otomotif dunia.

Autocar, yang mengutip bos Audi, Rupert Stadler--yang juga menaungi merek Lamborghini-- menjelaskan peluncuran SUV Urus dijadwalkan bisa meluncur pada tahun 2018 mendatang.

Itu berarti peluncuran Urus ini sudah beberapa kali ditunda, karena pertama dijadwalkan tahun 2016 dan 2017, terakhir di 2018.

Stadler menambahkan, SUV Lamborghini Urus ini sedang dikembangkan oleh Audi bersama dengan mobil lainnya seperti SUV Bentley, Porsche Cayenne generasi baru dan Audi Q7.

Sementara itu, Worldcarfans memberitakan SUV Lamborghini Urus ini dikembangkan menggunakan platform yang sama seperti pada Audi Q7 generasi terbaru.

Kabarnya juga akan tersedia versi mesin hybrid dan mesin V8 sehingga mampu memuntahkan tenaga hingga 680 PS (500 kW).

Stadler juga mengatakan, Lamborghini Urus ini juga akan mengisi ceruk yang kosong di atas Audi Q7. Urus akan dibuat lebih mewah dan menarik dari SUV lainnya.

Pada versi konsepnya, mobil yang akan berbagi platform dengan VW Touareg dan Porsche Cayenne yang sama-sama menggunakan platform PL73 ini memiliki tiga pintu dengan kabin yang mampu menampung 4 penumpang. Tingginya hanya 1,66 meter dengan roda 24 inci.

Namun, karena menyandang nama Lamborghini, hampir pasti tenaga yang dimilikinya akan sangat besar. Kabarnya Urus akan menggunakan mesin 4.200 cc V8 dari Audi dengan tenaga mencapai 600 hp. Namun Bentley pun dikabarkan akan menyumbangkan mesin 6.000 cc konfigurasi W12 pada Urus.

Nama Urus sendiri diambil dari nama satu jenis leluhur banteng yang disebut Julius Caesar sebagai banteng liar di pegunungan Eropa yang sudah lama punah. Urus yang juga dikenal sebagai Aurochs adalah banteng purba raksasa dengan tinggi hampir 1,8 meter.

Tubuh Lamborghini Urus akan dibuat seringan mungkin dengan interior minimalis yang dibentuk dari karbon dan diperkuat serat polimer dan posisi duduk yang lebih rendah dari seluruh pesaingnya.

Foto: Lamborghini Urus



(ady/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com