ADVERTISEMENT
Rabu, 19 Mar 2014 10:53 WIB

Menkeu: Penerapan PPnBM Kendaraan Mewah Tertunda Karena Masalah Administrasi

- detikOto
Jakarta - Sejak Agustus 2013 atau lebih dari setengah tahun lalu, rencana kebijakan kenaikan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) untuk mobil mewah seperti Lamborghini, Ferrari dan lainnya belum ada kejelasan. Kebijakan yang merupakan bagian dari paket kebijakan ekonomi 2013 ini, belum terealisasi.

Latar belakang kebijakan ini untuk menahan laju impor yang membuat neraca perdagangan defisit dan menekan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Menteri Keuangan (Menkeu) Chatib Basri mengatakan harusnya aturan tersebut sudah diterbitkan sejak beberapa bulan yang lalu, sekitar bulan Desember 2013 dan Januari 2014. Ia beralasan proses di Kementerian Keuangan sudah selesai sejak November 2013.

googletag.defineOutOfPageSlot('/4905536/detik_desktop/oto/parallax_detail', 'div-gpt-ad-1558277787290-0').addService(googletag.pubads());
"Iya, mestinya sudah (Desember atau Januari). Karena dari saya sudah beberapa bulan yang lalu," ungkap Chatib kepada detikOto, Rabu (19/3/2014)

Proses penerbitan aturan PPnBM memang agak rumit karena memakai Peraturan Pemerintah (PP). Dari draft yang sudah disusun oleh Kemenkeu kemudian diteruskan ke Kementerian Hukum dan HAM dan berlanjut ke Sekretariat Negara.

"Sudah lama sekali beres dari Kemenkeu. Biasanya itu beredar untuk diparaf Kementerian lain. Makanya saya harus cek," sebutnya.

Chatib memastikan proses yang panjang ini karena proses administrasi. Ia membantah, jika dalam persoalan ini ada lobi dari pihak-pihak tertentu yang tidak ingin aturan ini diterbitkan.

"Iya murni karena administrasi," ujar Chatib.

Padahal awalnya, pemerintah menyebut penetapan PPnBM untuk mobil mewah akan diberlakukan pada 1 November 2013. Namun karena beberapa kendala, aturan ini diundur hingga Desember 2013, hingga kini belum ada realisasinya.

Seperti diketahui, tahun lalu pemerintah memutuskan menaikkan PPnBM menjadi 125% dari sebelumnya 75 persen. Kenaikan akan berlaku untuk mobil bermesin diesel 2.500 cc ke atas, mobil bensin 3.000 cc ke atas dan motor berkapasitas 500 cc ke atas.

Selain untuk mobil mewah, kenaikan PPnBM juga akan diberlakukan untuk tas mewah seperti tas Gucci, LV (Louis Vuitton). Perubahan peraturan pemerintah ini tertuang dalam RPP No 41 Tahun 2013.

(mkl/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com