Rabu, 31 Jul 2013 21:01 WIB

Tahun Ini Toyota Diprediksi Produksi 10 Juta Kendaraan

- detikOto
Tokyo - Produsen mobil Toyota Motor Corp diperkirakan akan mampu memproduksi lebih dari 10 juta kendaraan tahun ini. Dengan begitu, Toyota akan menjadi produsen pertama yang mencapai angka tersebut.

Dilaporkan Nikkei, peningkatan produksi mobil Toyota ini antara lain disebabkan karena adanya pelemahan yen dan permintaan yang kuat untuk mobil hybrid di Jepang. Diperkirakan bakal ada 3,3 juta diantaranya yang akan diproduksi di Jepang termasuk merek Toyota, Daihatsu dan Hoino.

Tahun lalu penjualan mobil Toyota sendiri tidak sampai 10 juta kendaraan, namun sudah mampu memenangkan mahkota produsen mobil terlaris di dunia setelah tertinggal dari General Motors dan Volkswagen pada tahun 2011.

Toyota tercatat juga menjadi pabrikan mobil teratas di dunia jika melihat hasil penjualan mobil mereka selama satu semester 2013 ini. Toyota selama 6 bulan pertama di 2013 menjual 4,911 juta. Angka ini memang masih turun sedikit 1,1 persen dibanding periode yang sama tahun lalu menyusul berhentinya program subsidi untuk mobil ramah lingkungan. Namun di Amerika, yang merupakan pasar terbesar Toyota, penjualan tetap bagus.

Sebagai perbandingan, penjualan mobil General Motors naik persen menjadi 4,85 juta sedangkan Volkswagen naik 5,5 persen menjadi 4,7 juta.

Toyota sebelumnya kembali menjadi pabrikan top dunia tahun lalu setelah mereke tergelincir di urutan ketiga pada 2011.

Suplai mobil yang berkurang akibat tsunami di Jepang dan banjir di Thailand membuat mereka harus melepaskan gelar pada GM dan Volkswagen di 2011. Padahal Toyota sudah menjadi pabrikan terbesar dunia dari 2008 sampai 2010.

Namun bukan Toyota namanya jika tidak bisa bangkit. Hanya selang setahun setelah keterpurukan mereka langsung menguasai dunia.

(syu/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com