Kamis, 11 Apr 2019 14:45 WIB

Kisaran Biaya Servis Livina Kembaran Xpander, Murah atau Mahal?

Dina Rayanti - detikOto
Nissan Livina. Foto: Roby Setiawan Nissan Livina. Foto: Roby Setiawan
Jakarta - Livina dengan wajah Xpander telah diluncurkan Nissan pada pertengahan Februari 2019. Nissan pun membuat paket-paket menarik terkaiit layanan purna jual untuk memanjakan para konsumennya dengan model Livina.

Bahkan jika diperhatikan, paket servis Nissan Livina terbaru lebih murah dibandingkan model lamanya. Nissan sendiri pernah dikeluhkan oleh para konsumennya terkait biaya servis yang mahal. Nah biar detikers tak penasaran yuk simak rincian biaya servis Livina model terbaru, lebih murah atau mahal ya?

Tercantum dalam situs resminya, Nissan menggratiskan biaya jasa dan suku cadang hingga mobil menempuh jarak 50.000 km. Padahal sebelumnya pada model Grand Livina X-Gear 1.500cc versi manual total biaya servis hingga 50.000 km bisa mencapai Rp 1.998.150. Lumayan kan ngiritnya?



Biaya yang sama juga berlaku pada Grand Livina X-Gear versi CVT.

Sementara untuk Livina manual model terbaru detikers tak perlu untuk mengeluarkan biaya sepeser pun hingga. Biaya servis pada Livina kembaran Xpander baru dikenakan saat mobil diservis pada 60.000 km.

Selama servis gratis, detikers bisa terlebih dahulu mengumpulkan uang agar tak kaget karena biaya servis 60.000 km mencapai Rp 2.094.620. Pada 60.000 km, Nissan menyarankan para pemilik Livina untuk mengganti Filter oli, filter AC, Gasket Drain Plug, filter bensin, penggantian oli mesin, ditambah biaya jasa.

Biaya sebesar itu tak ditemukan saat detikers hendak servis Grand Livina lawas. Grand Livina X-Gear lawas versi manual, biaya servis pada km 60.000 hanya di kisaran Rp 1.130.360. Begitupun dengan model CVT-nya.

Jika memperhatikan hingga servis 100.000 km, Nissan Livina versi terbaru memang lebih murah dari segi biaya servis. Jika ditotal keseluruhan, biaya servis yang sesuai perkiraan Nissan mencapai Rp 9.343.730 untuk Grand Livina X-Gear manual.


Angkanya berselisih tipis dengan varian CVT yang lebih murah yaitu Rp 9.336.580.

Sedangkan untuk Livina baru secara total hingga 100.000 km biayanya paling mahal Rp 7.133.720 untuk versi matiknya. Perlu dicatat kalau kisaran biaya ini merupakan referensi dari Nissan ini berbeda-beda setiap diler dan juga mobil tak mengalami kerusakan di luar biaya perawatan umum.

Infografis Nissan LivinaInfografis Nissan Livina Foto: Andhika Akbarayansyah

Lihat juga video peluncuran Nissan Livina

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed