Rabu, 10 Apr 2019 09:56 WIB

Prabowo Janji Bikin Mobil Nasional Biar RI Dihormati Negara Lain

Dina Rayanti - detikOto
Prabowo saat berkampanye di Sumatera Selatan. Foto: Kampanye Prabowo di Palembang (Prabowo-Sandi Media Center) Prabowo saat berkampanye di Sumatera Selatan. Foto: Kampanye Prabowo di Palembang (Prabowo-Sandi Media Center)
Jakarta - Calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto dalam salah satu kampanye menyebut bakal memproduksi mobil nasional jika nantinya terpilih. Hal itu disampaikan Prabowo ketika melangsungkan kampanye di Sumatera Selatan.

"Saya berjanji, saya akan produksi mobil sendiri di Indonesia. Bukan mobil etok-etok (bohongan). Saya ingin bangsa ini, Indonesia dihormati negara lain," ucap Prabowo seperti dikutip dari detiknews, Rabu (10/4/2019).


Sejauh ini memang belum ada merek mobil nasional yang benar-benar seluruh produksinya dilakukan dalam negeri. Kala itu ada merek Timor garapan Tommy Soeharto namun sayang tak bertahan lama.

Timor pun tak sepenuhnya murni karena diketahui hanya me-rebadge sedan Kia. Kemudian emblem 'Kia' diganti dengan merek 'Timor. Kia dipilih karena memperbolehkan Timor mengganti emblemnya sehingga tak tampak lagi seperti mobil kia.

Kemudian muncul mobil garapan anak-anak SMK seluruh Indonesia yang dinamakan Esemka. Sayangnya hingga saat ini Esemka belum juga muncul. Padahal berdasarkan informasi yang didapat dari Kementerian Perhubungan, delapan mobil Esemka telah lolos Uji Tipe pada Agustus 2018. Variannya ada mobil penumpang dan juga mobil niaga. Artinya mobil-mobil Esemka sudah bisa diproduksi secara massal kemudian dijual di pasaran.


Hingga saat ini belum ada pihak Esemka yang bisa mengkonfirmasi hal ini. Namun tampak di pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi sudah berjejer pikap-pikap Esemka di sana.

Bukan rahasia umum lagi kalau jalanan di Indonesia kini dipenuhi oleh mobil-mobil buatan Jepang, Eropa, Amerika, hingga Korea Selatan. Bahkan yang terbaru, produsen mobil China ingin ikutan mengambil porsi berjualan mobil di Tanah Air. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed