Selasa, 12 Mar 2019 11:58 WIB

Bupati Pandeglang yang Ngiler Mobil Raja Dunia

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Medan batu bukan masalah buat Land Cruiser Prado (Foto: Toyota) Medan batu bukan masalah buat Land Cruiser Prado (Foto: Toyota)
Jakarta - Mobil dinas baru untuk Bupati Pandeglang Irna Narulita bikin heboh. Mobil yang dipilih bukan mobil sembarangan, mobil yang disebut Toyota sebagai mobil Rajanya Dunia, Land Cruiser. Mobil yang bisa dibawa kemana saja.

Pembelian itu dicecar karena Kabupaten Pandeglang sampai saat ini masih termasuk kategori wilayah tertinggal dibanding daerah lain di Banten. Pendapatan asli daerah (PAD) Pandeglang pada 2018 hanya Rp 205 miliar. Selain itu, daerah ini sering disebut paling miskin dibanding tujuh kabupaten dan kota lainnya. Disebutkan harga mobil Land Cruiser Prado Bupati Irna mencapai Rp 1,9 miliar. Itu artinya sekitar 1 persen pendapatan daerah tersebut dipakai 'hanya' untuk beli mobil mewah itu.



Bupati PandeglangBupati Pandeglang Foto: @kominfopdglng


Dimintai konfirmasi mengenai ini, Sekda Pandeglang Fery Hasanudin mengatakan mobil baru itu datang dari permintaan Bupati dan atas pertimbangan staf. Selama ini Bupati hanya punya satu mobil dinas jenis Velfire.

"Ya namanya bupati kan untuk kepentingan protokoler. Latar belakangnya bupati kan punya mobil yang pendek itu ya, yang dulu itu (Velfire) dan wajarlah namanya dia selama itu, kan," kata Fery kepada wartawan di gedung DPRD Pandeglang, Banten, Senin (11/3/2019).



Memangnya mobil seperti apa sih Land Cruiser Prado itu?

Land Cruiser Prado sendiri merupakan mobil yang biasa dipakai di gurun atau daerah yang butuh mobil pekerja keras. detikcom sendiri pernah menjajal mobil ini saat dalam perjalanan di gurun Timur Tengah. Di sana orang lebih menyukai mobil bermesin besar seperti Land Cruiser, atau Nissan Patrol karena selain memang kondisinya yang keras, bahan bakarnya juga murah.

Land Cruiser PradoLand Cruiser Prado Foto: Toyota


Kembali ke Land Cruiser Prado, mobil diperkuat dengan mesin 2,7 liter bensin dan 2,8 liter diesel namun ada juga pilihan mesin 4 liternya yang gahar. Mesin 4.0 liter V6 itu mampu memuntahkan tenaga 249 hp dan torsi 38,8 kgm.

Mobil memiliki 3 baris kursi, bisa ajak keluargaMobil memiliki 3 baris kursi, bisa ajak keluarga Foto: Toyota


Untuk interior, baik dashboard dan lingkar kemudi sudah disegarkan Toyota. Sementara untuk fitur keselamatan, Land Cruiser Prado memiliki fitur yang bisa mencegah kecelakaan, Toyota Safety Sense (lengkapnya bisa dibaca di sini), sehingga mobil lebih aman dikendarai.

Fitur keamanan Toyota Safety Sense sudah dipasang di Land Cruiser PradoFitur keamanan Toyota Safety Sense sudah dipasang di Land Cruiser Prado Foto: Toyota


Dalam catatan detikcom, Toyota terakhir kali melakukan penyegaran pada mobil Land Cruiser Prado pada bulan September 2017, berbarengan dengan perubahan di mobil seperti FJ Cruiser dan Hilux. (ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed