Sabtu, 16 Jun 2018 10:16 WIB

Ban Mobil Diganti Gulungan Lakban, Jangan Ditiru Buat Mudik Ya!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Screen shot YouTube Foto: Screen shot YouTube
Jakarta -

[Gambas:Youtube]

Ban mobil sudah dibuat sesuai kebutuhan oleh produsennya. Ban menjadi perangkat penting pada kendaraan karena merupakan komponen yang menapak langsung ke aspal.

Ban pada umumnya terbuat dari karet. Tapi, kawanan pria ini membuat ban mobil yang tak biasa. Mereka membuat ban dari gulungan lakban. Bisakah ban yang terbuat dari lakban itu berfungsi seperti ban pada umumnya?

Dalam video yang diunggah YouTube Life OD mereka membuktikannya. Awalnya, ban mobil dilepas dari peleknya. Mereka kemudian membeli gulungan lakban dengan jumlah banyak.

Pelek yang sudah tidak ada bannya itu lalu dilapisi lakban. Lakban terus dilapisi sampai tebal sehingga diameter total pelek dan ban lakban itu mirip dengan diameter roda mobil aslinya.

Setelah lama dan bersusah payah melapisi lakban ke pelek, akhirnya jadilah ban yang terbuat dari lakban. Mereka kemudian mencoba ban lakban itu berjalan.

"Ini tidak terasa buruk. Tidak terasa berbeda. (Ban lakban) ini menahan bentuknya dengan sempurna," kata salah seorang di antara kawanan mekanik itu.

Usai diuji coba, mereka membelah ban lakban itu. Dan terlihat memang lakban itu sangat tebal seperti ban yang solid tanpa ruang kosong. Benar-benar ban tanpa angin.

Tapi, sebaiknya Otolovers jangan pernah meniru tindakan ini. Mungkin ban lakban ini bakal membahayakan pengendaranya. Terlebih, ban lakban sepertinya licin sehingga sangat berisiko.



Tonton juga 'Tukang Tambal Cantik di Garut Goes Viral':

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Blak-blakan
×
Basarnas: SDM dan Alat Terbatas
Basarnas: SDM dan Alat Terbatas Selengkapnya