Rabu, 11 Apr 2018 14:41 WIB

Dibanderol Hampir Rp 500 Juta, Toyota C-HR Mahal Atau Murah?

Dina Rayanti - detikOto
Dibanderol Hampir Rp 500 Juta, Toyota C-HR Mahal Atau Murah? Foto: Ari Saputra Dibanderol Hampir Rp 500 Juta, Toyota C-HR Mahal Atau Murah? Foto: Ari Saputra
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Crossover andalan baru Toyota, C-HR baru saja diluncurkan di Indonesia. Kehadiran C-HR ini disebut-sebut bakalan menjadi penantang Honda HR-V, Mazda CX-3, Nissan Juke, Mitsubishi Outlander Sport, Suzuki SX-4 S-Cross, hingga Chevrolet Trax.



Namun kalau bicara soal mesin 1.800cc yang membekali C-HR, crossover ini bisa dibilang tidak memiliki pesaing. Beberapa rivalnya kebanyakan justru menggunakan mesin 1.500cc.

Beralih ke soal harga jual, banderol harga C-HR juga cukup jauh jika dibandingkan kompetitornya yakni hampir menyentuh Rp 500 jutaan. Misalnya saja Toyota C-HR Single Tone memiliki harga Rp 488,5 juta sementara versi dual tone Rp 490 juta. Banyak yang menyebut harga itu kemahalan untuk mobil sekelas itu.



Sebagai perbandingan, penantang C-HR dari Honda, HR-V ditawarkan dengan pilihan mesin 1.5 liter dan 1.8 liter. HR-V 1.8 liter akan head to head dengan Toyota C-HR yang sama-sama menggendong mesin 1.8 liter.

Honda HR-V bermesin 1.8 liter ada dua tipe, yaitu Honda HR-V 1.8L E CVT dan Honda HR-V 1.8 L E CVT Mugen. HR-V 1.8L E CVT dibanderol Rp 378.499.997 dan HR-V 1.8 L E CVT Mugen dijual Rp 404,5 juta.

Penantang C-HR kedua adalah Nissan Juke. Meski sama-sama berada di segmen crossover Nissan Juke menggunakan mesin 1.500 cc. Nissan Juke dijual mulai Rp 301,7 juta.



Pesaing Toyota C-HR dari Mitsubishi ada Mitsubishi Outlander Sport. Crossover andalan Mitsubishi itu menggunakan mesin 2.000 cc. Ada empat pilihan pada Outlander Sport. Harganya, mulai dari Rp 330 juta sampai Rp 375 juta on the road Jabodetabek.

Suzuki juga punya mobil di segmen crossover. Suzuki mengandalkan SX4 S-Cross. Namun, S-Cross menggunakan mesin 1.500 cc. Suzuki S-Cross ditawarkan dengan dua pilihan, yaitu transmisi manual dan otomatis. Harga Suzuki S-Cross mulai Rp 260,5 juta sampai Rp 273,5 juta on the road Jakarta.

Selanjutnya pesaing Toyota C-HR ada dari Mazda. C-HR akan menantang Mazda CX-3 di kelas crossover. Mazda CX-3 menggendong mesin 2.000 cc. Mazda menjual CX-3 dengan harga mulai dari Rp 388 juta.

Mobil dari Amerika, Chevrolet Trax juga menjadi penantang Toyota C-HR. Namun, Chevrolet Trax menggunakan mesin 1.400 cc turbo. Chevrolet Trax yang mengisi segmen crossover dijual mulai dari Rp 288 juta.



Toyota sendiri mengatakan harga tersebut pas untuk kantong orang Indonesia yang berminat pada model C-HR.

"Kalau kita harga seperti tadi dengan package total yang kita berikan dari produk ini dengan harga yang kita setting ini, menurut saya sih confident. Ini tepatlah untuk masyarakat Indonesia," ungkap Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Motor Henry Tanoto usai peluncuran C-HR di Jakarta.

Nah kalau menurut Otolovers sendiri, banderol harga Toyota C-HR murah atau kemahalan? (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed