Rabu, 14 Mar 2018 19:12 WIB

Avanza Kesalip Xpander, Toyota: Itu Bukan Kanibalisme

Dina Rayanti - detikOto
Mobil konsep Avanza Tigre yang diperlihatkan di pameran GIIAS beberapa waktu lalu Foto: Rangga Rahardiansyah Mobil konsep Avanza Tigre yang diperlihatkan di pameran GIIAS beberapa waktu lalu Foto: Rangga Rahardiansyah
Jakarta - Posisi mobil terlaris bulan Februari 2018 diisi oleh penghuni baru. Jika biasanya Toyota Avanza menjadi langganan menempati posisi teratas sejak tahun 2003, kini posisinya tergeser oleh Mitsubishi Xpander yang baru saja mengaspal pada Agustus 2017.

Ini bukan pertama kalinya Avanza tergeser dari posisi puncak. Pada September 2016, Avanza juga pernah disalip oleh Calya. Sebelum Xpander sudah banyak mobil yang berusaha menjegal Avanza dari jalanan Indonesia. Beberapa media malah menyebut mobil-mobil itu sebagai Avanza Killer.

Sebut saja seperti Honda Mobilio, Suzuki Ertiga sampai Chevrolet Spin. Nama terakhir malah akhirnya mati duluan menyusul penutupan pabriknya di Bekasi. Toyota sendiri tidak terlalu gusar, karena mereka menilai saat ini mobil sejuta umatnya masih populer. Menurut dia tidak ada istilah bunuh-membunuh di industri mobil, terutama segmen MPV.

"Kalau menurut saya, kita sih nggak pernah ngelihat siapa menyalip atau bunuh membunuh. Kata kuncinya yang penting itu pasar otomotif naik atau turun," ungkap Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto kepada detikOto, Rabu (14/3/2018).



"Jadi kalau mau bicara wholesales, Januari sampai Desember kemarin rata-rata per bulan itu 89 ribuan, sekarang kan market 90 ribuan berarti naik, Avanzanya sedikit turun nggak apa-apa," lanjut Soerjo sapaan akrabnya.



Menurut Soerjo, dengan naiknya pasar otomotif bukan tidak mungkin Mitsubishi masih bisa meningkatkan jualan Xpander. "Xpander masih berpotensi naik lagi begitu juga dengan yang lain seperti Avanza, Xenia, Ertiga. Kalau demand naik tinggal pilihan customer kemana. Dengan kata lain kontribusi Xpander positif bukan kanibalisme," ujarnya.

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed