Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 14 November 2017, 19:00 WIB

Untung Jual Mobil Bekas

Biar Puas Jual Mobkas, Perhatikan 4 Hal Ini

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Biar Puas Jual Mobkas, Perhatikan 4 Hal Ini Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Ada empat hal yang harus diperhatikan calon penjual mobil bekas sebelum bertransaksi demi mendapatkan harga yang cocok dan memuaskan.

Pertama kelengkapan mobil. Mulai dari surat-surat maupun fisiknya. "Pastikan semua kelengkapan mobil ada dan diperlihatkan ke calon pembeli," ujar Chief Operation Officer Mobil88, Halomoan Fischer saat dihubungi detikOto.

Tahap kedua, pastikan mobil yang ingin dijual dalam kondisi standar. Artinya, semua komponen harus standar bawaan pabrik, agar harga jual tidak jatuh. "Apabila sudah dimodifikasi sebaiknya dikembalikan dalam keadaan standar," ucap Fischer.

Lalu yang ketiga jangan sampai lupa berpesan kepada pembeli untuk melakukan balik nama, atau mengubah nama yang ada di surat-surat mobil yang dijual dengan nama si pembeli. Jika nama Anda masih di surat mobil, Anda akan mendapatkan pajak yang lebih besar yakni pajak progresif untuk kendaraan berikutnya.

"Jangan lupa pastikan pembeli bertanggung jawab dalam melakukan balik nama agar terbebas dari pajak progresif yang tidak semestinya," kata Fischer.

Terakhir, sebelum menjual mobil, pastikan harga pasaran jenis atau merek mobil yang akan dijual di diler-diler mobil bekas yang terpercaya.

"Jangan langsung percaya apabila calon pembeli berlaku seolah-olah pemakai sehingga terkesan harganya sudah tinggi. Seringkali harga yang ditawarkan oleh diler malah lebih baik," terang Fischer. (khi/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed