Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 14 November 2017, 18:22 WIB

VW Karmann Ghia Type 34, Mobil Buatan Tangan Nan Langka

Rangga Rahadiansyah - detikOto
VW Karmann Ghia Type 34, Mobil Buatan Tangan Nan Langka Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Mengoleksi mobil klasik menjadi kesenangan tersendiri. Apalagi mobil klasik itu masuk dalam kategori mobil klasik yang langka.

Salah satunya adalah Volkswagen Karmann Ghia Type 34. Mobil klasik ini terbilang sedikit yang punya, terlebih di Jakarta.

"Di Jakarta masih bisa dihiung, nggak sampai 15 unit di Jakarta," kata Agus Ari Seno, salah satu pemilik Volkswagen Karmann Ghia Type 34 lansiran tahun 1964 kepada detikOto di acara Kumpul Bareng Kedai Built Up di Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat akhir pekan kemarin.

Mobil ini memang tak banyak diproduksi. Masa produksinya hanya sebentar.

"Karmann Ghia Type 34 kan keluarnya sedikit dalam kurun waktu hanya beberapa tahun. Ini produk mahal, jadi gagal. Kalau yang banyak kan yang Type 1. Yang 34 kan terlalu mahal dulu, jadi nggak kebeli oleh konsumen. Suatu saat mati dia, kolaps, sekarang lagi dibangkitin sama teman-teman. Ini langka, karena ini handmade," kata Agus.

"Dulu teman-teman coba menghidupkan lagi Karmann Ghia yang Type 34. Jarang memang, ya beruntung dapat, ada saja sih dulu. Tapi sekarang sudah sulit sih. Sekian tahun yang lalu sudah sulit. Kita ada satu, itu aja orang yang jual tidak tahu Karmann Ghia, dia tahunya VW aja. Ya sudah, tawarkan ke kita, kita ambil," tambahnya.

Agus mengaku, tak ada kesulitan dalam merawat mobil klasik ini. Suku cadang mesin pun masih mudah didapatkan.

"Tapi yang agak susah itu sparepart aksesori," ucap Agus. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed