Selasa, 14 Nov 2017 08:12 WIB

Mobil Listrik Nissan Note e-Power Kok Masih Ada Suara Mesinnya?

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Dina Rayanti Foto: Dina Rayanti
Tangerang - Kendaraan bertenaga listrik baik motor ataupun mobil listrik saat dikendarai biasanya tak mengeluarkan suara. Tapi itu berbeda dengan mobil listrik milik Nissan yang disematkan teknologi e-Power.

Saat detikOto berkesempatan untuk menjajal mobil listrik yang katanya beda dengan mobil listrik pada umumnya itu ketika pedal gas diinjak penuh justru terdengar suara mesin mobil meraung seperti mobil-mobil pada umumnya namun tidak terlalu kasar.

"Karena ketika baterainya kurang enginenya memang nyala untuk charging ke baterai," ungkap Manager R&D Nissan Motor Indonesia Anton Khristanto di Tangerang.

Meski sepenuhnya digerakkan motor elektrik dengan tenaga dari baterai ion lithium, namun mobil ini memang masih membutuhkan mesin bensin.

Karena mobil 100 persen menggunakan penggerak motor listrik, maka roda hanya digerakkan oleh motor listrik. Daya dari baterai dikirim ke motor listrik dengan output tinggi e-Power. Sementara mesin bensin kecil dibutuhkan untuk membantu mengisi daya ulang baterai.

Hal ini berlangsung secara otomatis, mesin menyala, dan mati sesuai kebutuhan dan tidak terhubung dengan roda mobil.

Dengan begitu, pengendara tak perlu repot-repot mencari stasiun pengisian listrik ketika kehabisan baterai di tengah jalan. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Toyota Merek Mobil Paling Bernilai

    Toyota Merek Mobil Paling Bernilai

    Rabu, 20 Jun 2018 08:19 WIB
    Toyota menduduki peringkat pertama sebagai merek mobil yang paling bernilai. Produsen asal Jepang ini ditaksir memiliki nilai seharga USD 29,9 miliar.
  • Mercy Uji SUV Listrik

    Mercy Uji SUV Listrik

    Rabu, 20 Jun 2018 08:11 WIB
    Mercedes-Benz mulai menjajal performa mobil listrik EQC di jalanan yang cukup ekstrem. Crossover EQC dites di sebuah tempat di Iberia, Spanyol.
  • Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Selasa, 19 Jun 2018 20:43 WIB
    Produsen mobil mewah Jerman, Audi, menunjuk Abraham Schot sebagai pengganti CEO Rupert Stadler yang ditahan oleh Kejaksaan Munich.
  • Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Selasa, 19 Jun 2018 19:18 WIB
    Kapten Timnas Inggris, Harry Kane, menjadi pahlawan buat Inggris. Bicara soal mobil, si kapten rupanya suka mobil keluarga, atau mobil SUV.
  • Kursi Bambu Pemudik Motor

    Kursi Bambu Pemudik Motor

    Selasa, 19 Jun 2018 17:19 WIB
    Meski tidak disarankan, pemudik masih banyak yang menggunakan motor. Agar lebih nyaman mudik, mereka memodifikasi motornya.