Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 14 November 2017, 08:12 WIB

Mobil Listrik Nissan Note e-Power Kok Masih Ada Suara Mesinnya?

Dina Rayanti - detikOto
Mobil Listrik Nissan Note e-Power Kok Masih Ada Suara Mesinnya? Foto: Dina Rayanti
Tangerang - Kendaraan bertenaga listrik baik motor ataupun mobil listrik saat dikendarai biasanya tak mengeluarkan suara. Tapi itu berbeda dengan mobil listrik milik Nissan yang disematkan teknologi e-Power.

Saat detikOto berkesempatan untuk menjajal mobil listrik yang katanya beda dengan mobil listrik pada umumnya itu ketika pedal gas diinjak penuh justru terdengar suara mesin mobil meraung seperti mobil-mobil pada umumnya namun tidak terlalu kasar.

"Karena ketika baterainya kurang enginenya memang nyala untuk charging ke baterai," ungkap Manager R&D Nissan Motor Indonesia Anton Khristanto di Tangerang.

Meski sepenuhnya digerakkan motor elektrik dengan tenaga dari baterai ion lithium, namun mobil ini memang masih membutuhkan mesin bensin.

Karena mobil 100 persen menggunakan penggerak motor listrik, maka roda hanya digerakkan oleh motor listrik. Daya dari baterai dikirim ke motor listrik dengan output tinggi e-Power. Sementara mesin bensin kecil dibutuhkan untuk membantu mengisi daya ulang baterai.

Hal ini berlangsung secara otomatis, mesin menyala, dan mati sesuai kebutuhan dan tidak terhubung dengan roda mobil.

Dengan begitu, pengendara tak perlu repot-repot mencari stasiun pengisian listrik ketika kehabisan baterai di tengah jalan. (dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed