Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 03 Oktober 2017, 14:56 WIB

Kalau Dijual Massal, Mobil Listrik Surabaya Harganya Rp 80 Juta

Gracella Sofia Mingkid - detikOto
Kalau Dijual Massal, Mobil Listrik Surabaya Harganya Rp 80 Juta Foto: Gracella Mingkid
Surabaya -

[Gambas:Video 20detik]

Mobil listrik smartvi yang dikembangkan oleh dosen dan mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menghabiskan dana Rp 600 juta. Namun jika diproduksi massal mobil diperkirakan bisa dijual dengan harga Rp 80-90 juta saja.

Smartvi merupaka mobil listrik yang menggunakan teknologi vector control. Teknologi ini diklaim PENS sebagai pertama kali dikembangkan untuk mobil listrik di Indonesia.

Pengembangan riset sejak 2004, era dan tim mendapatkan dukungan dana dari kemenristek Dikti. "Kalau ditotal semuanya sekitar 600 juta. Nanti kalau sudah produksi massal, mobil ini bisa dijual dengan harga Rp 80-90 juta," ujar Ketua Tim Riset PENS untuk mobil smartvi, Era Purwanto.

PENS sangat mendukung wacana pemerintah Surabaya untuk penggunaan mobil listrik sebagai kendaraan dinas. "Kami mendengar kabar gembira, Bu Risma (Wali Kota Surabaya) akan segera menggunakan mobil listrik untuk kendaraan dinas di Surabaya. Kami akan dukung itu," ujarnya.

Sementara itu, untuk izin dari pemerintah, Era mengaku pihaknya masih menunggu. "Kami sudah ajukan sejak tahun 2013, sekarang sudah sampai ke Kementerian Perindustrian, tapi entah mengapa belum keluar izinnya sampai sekarang," tuturnya.

Ke depan, mobil ini akan diberi empat motor induksi di tiap-tiap rodanya, sehingga mirip mobil 4 gardan. "Kalau sudah begitu, nanti nyetirnya bisa lebih ringan," tuturya.

Mobil ini juga sempat diuji coba oleh beberapa anggota Angkatan Laut yang sedang berkunjung ke PENS. "Halus banget bunyinya, tidak terasa kalau bawa mobil, tidak seperti mobil BBM. Kalau begini kan kita bangga , ada mobil kreasi anak bangsa. Saya berharap ke depan mobil ini kalau bisa diproduksi sebanyak mungkin," ujar Letnan Kolonel Marinir Mukhroji.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +