Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 19 September 2017, 16:29 WIB

Mau Ikut Lelang Mobil Sitaan KPK, Bagaimana Mekanismenya?

Ruly Kurniawan - detikOto
Mau Ikut Lelang Mobil Sitaan KPK, Bagaimana Mekanismenya? KPK Akan Lelang 19 Mobil dan 1 Sepeda Motor (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Lelang barang sitaan para koruptor akan digelar oleh KPK pada 22 September 2017. Belasan mobil akan dibuka dengan harga mulai dari Rp 28 juta, Rp 100 juta, hingga Rp 1 Miliar di JCC, Jakarta Pusat, Senayan.

Mulai hari ini, kantor KPK telah diserbu oleh para calon peserta lelang. Sebelum mendaftarkan dirinya, mereka ingin melihat jajaran mobil yang akan dipamerkan. Lalu bagaimana ya cara untuk daftar pelelangan ini?

Menurut Budi selaku pengelola pelelangan ini, para calon peserta lelang dapat mendaftarkan dirinya terlebih dahulu melalui website resmi lelangdjkn.kemenkeu.go.id.

"Pertama harus daftar online dulu. Nanti ada dokumen yang diminta seperti KTP dan lainnya. Setelah itu baru dapat nomor peserta lelang. Jadi nggak harus ke kantor KPK," katanya kepada detikOto di KPK, Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Untuk memulai lelang, para calon harus menyetorkan sejumlah dana untuk jaminan terlebih dahulu. Dana jaminan ini akan mengurangi total pembeliannya nanti.

"Tergantung mau ikut lelang yang mana. Misalkan yang VW dana jaminannya kan Rp 70 juta. Nah ini harus disetor dulu ke rekening penyelenggara resmi. Nanti ketika menang lelang misalkan harga mobilnya Rp 570 juta, si dana jaminan ini akan mengurangi harganya. Jadi tinggal transfer lagi Rp 500 juta," papar Budi.

Apabila peserta lelang kalah atau tidak membawa barang yang diinginkan, uang tersebut akan dikembalikan oleh pihak yang terkait.

"Kalau kalah, uangnya akan dikembalikan tanpa biaya administrasi. Hanya saja akan kena potong untuk dana transferan ya sesuai banknya masing-masing," katanya.

Nah, bagaimana Otolovers, berminat ikut lelang? (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed