Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 04 Agustus 2017, 09:53 WIB

Cara Toyota Jaga Konsumen Agar Tidak Kabur

M Luthfi Andika - detikOto
Cara Toyota Jaga Konsumen Agar Tidak Kabur Layanan servis mobil Toyota. (Foto: Dadan Kuswaraharja)
Jakarta - Persaingan dunia otomotif Indonesia semakin ketat dengan munculnya brand-brand baru yang menawarkan berbagai kelebihan. Toyota sebagai 'raksasa' otomotif di Indonesia punya cara untuk menjaga konsumennya agar tidak kabur.

Seperti yang disampaikan Executive General Manager PT Toyota Astra Motors (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, di Jakarta.

"Strategi untuk menjaga konsumen, pertama pastinya kalau kita bicara soal pilihan produk, kita akan memberikan pilihan yang cocok untuk konsumen. Misalnya kalau harga kendaraan di atas Rp 200 juta, jika konsumen tidak mendapatkan passion yang diinginkan atau sesuatu yang baru itu akan kurang (konsumen akan kecewa)," ujar Soerjo.

Selanjutnya, tingkat kenyamanan konsumen Toyota akan terus ditingkatkan dengan memberi pelayanan servis yang lebih lengkap kepada setiap konsumen Toyota.

"Konsumen akan kita jaga makanya ada Beyond Services, itu dimaksudkan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. Baik servis, ganti mobil, perbaikan body repair, atau memberikan pelayanan 24 jam. Di situ yang akan kita perkuat," katanya.

Soeryo pun memastikan perang harga atau diskon berlebihan bukan cara tepat untuk menjaga konsumen. "Jadi bukan perang harga. Mungkin perang harga akan menguntungkan konsumen. Tapi nanti bisnis tidak hidup. Kalau semua buang harga, bisnis tidak hidup," katanya. (lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +