Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 22 Juli 2017, 09:35 WIB

Honda : Punya Duit Lebih, Konsumen Tak Mungkin Beli MPV Murah

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Honda : Punya Duit Lebih, Konsumen Tak Mungkin Beli MPV Murah Foto: PT Honda Prospect Motor
Surabaya - Segmen small MPV akan semakin ramai. Pabrikan asal China, Wuling dan pabrikan asal Jepang, Mitsubishi akan meramaikan segmen small MPV dengan produk barunya. Keduanya akan menantang mobil sekelas Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Honda Mobilio.

Wuling sendiri memiliki strategi tersendiri untuk menggebrak pasar small MPV. Pabrikan asal China ini akan menawarkan small MPV bernama Confero S dengan harga yang lebih murah dibanding kompetitornya dari Jepang.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual Honda Prospect Motor (HPM), jonfis Fandy mengatakan, pihaknya tak gentar dengan kehadiran penantang baru itu di segmen small MPV. Menurutnya, konsumen Honda Mobilio beda dengan yang lainnya.

"Wuling bukan saingan. Segmen konsumennya beda, tipe konsumennya beda. Ya kita dengan Avanza saja beda. Beda konsumennya, gaya berpikirnya beda, konsumen Honda kan memilih karena brand, fitur-fiturnya, tenaga, irit bahan bakar. Ya saling menarik adanya. Tapi berbeda segmennya," kata Jonfis di sela-sela acara media test drive All New Honda CR-V Turbo di Jawa Timur.

"Apalagi dengan China. Anda punya uang Rp 150-200 juta, enggak akan beli yang lebih murah. Sudah bisa effort untuk dapat yang lebih," katanya.

Memang, Honda Mobilio dan Wuling Confero S menyasar konsumen pembeli mobil pertama. Namun, kata Jonfis, sasaran konsumennya itu tetap berbeda.

"Tapi sasaran first buyernya siapa, itu yang beda," kata Jonfis.

Untuk persaingan dengan small MPV Mitsubishi, Jonfis belum bisa berkomentar. Namun, untuk mobil 7-seater bergaya crossover yang digembor-gemborkan Mitsubishi, Honda sudah punya produknya melalui Honda BR-V.

"Kan beda konsumen juga, kalau Mobilio itu kebanyakan first buyer, kalau BR-V itu upgrader, dia sudah punya MPV, mau loncat ke SUV jauh, ke CR-V pun jauh sekai loncatnya. Jadi kalau mau naik kelas yang tetap 7-seater sekarang yang BR-V dulu," ujar Jonfis. (rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +