Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 13 Juni 2017, 19:00 WIB

Program Sewa Mobil Berbasis Syariah Pertama di Indonesia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Program Sewa Mobil Berbasis Syariah Pertama di Indonesia Ilustrasi (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta - TRAC-Astra Rent a Car, jasa penyewaan mobil dari PT Serasi Autoraya (SERA) memperkenalkan program TRAC Syariah. Program ini menghadirkan produk sewa mobil jangka panjang pertama di Indonesia yang menggunakan prinsip bisnis syariah.

TRAC Syariah ini memberikan layanan ijarah untuk perusahaan yang peduli terhadap produk atau layanan berbasis syariah. Akad ijarah TRAC Syariah bebas dari unsur riba, maysir dan gharar (riba, untung-untungan dan tipu menipu).

Namun layanan ini disiapkan TRAC untuk perusahaan bukan pribadi. TRAC menyiapkan skema penyewaan jangka panjang tanpa bunga, yang berbeda dengan penyewaan konvensional yang berbasis bunga. Disebutkan, semua kendaraan TRAC Syariah diperoleh secara halal melalui mekanisme murabahah. Mobil-mobil itu juga dilindungi oleh asuransi berdasarkan prinsip syariah (ta'awun).

"TRAC Syariah juga menjadi produk pertama di Indonesia yang secara legal menghadirkan layanan ijarah, yaitu aktivitas sewa menyewa sesuai dengan hukum Islam," kata Direktur TRAC-AStra Rent a Car, Hadi Winarto di Jakarta, Selasa (13/6/2017).

Melalui program TRAC Syariah, layanan penyewaan kendaraan lebih terbuka dan adil dalam pengelolaan kendaraan. Juga dapat dikembangkan menjadi produk mudharabah dengan konsep bagi hasil.

Layanan sewa mobil TRAC Syariah bisa dinikmati di 34 cabang TRAC-Astra Rent a Car di 31 kota di Indonesia. Kota-kota itu antara lain Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, Lampung, Batam, Bangka Belitung, Cilegon, Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Pontianak, Sangata, Balikpapan, Banjarmasin, Denpasar, Lombok, Kupang, Manado, Palu, Lepo, Kendari, Makassar, Ambon dan Sorong.

"Hadirnya TRAC Syariah semakin menegaskan komitmen TRAC-Astra Rent a Car sebagai penyedia solusi transportasi yang berkualitas dan memahami kebutuhan pelanggan," kata Hadi.

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +