Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 18 Mei 2017, 10:32 WIB

Mobil Pesaing LCGC Terseok-Seok

M Luthfi Andika - detikOto
Mobil Pesaing LCGC Terseok-Seok Renault Kwid (Foto: Rangga Rahadiansyah)
Jakarta - Mobil-mobil perkotaan atau city car, harus menerima kenyataan pahit. Mobil-mobil, terutama di kelas city car makin kalah pamor dengan mobil LCGC (Low Cost and Green Car).

Hal ini terbukti dari data wholesales Gaikindo (pengiriman mobil ke diler) pada April 2017, yang diterima detikOto. Berbagai model pesaing LCGC sebut saja seperti Suzuki Celerio, Renault Kwid, Hyundai i10, dan Kia Picanto. Harus pasrah menerima kenyataan terseok-seoknya penjualan mereka di April 2017.

Kenyataan pahit harus diterima dengan penjualan yang sangat kecil, bahkan harus tidak menjual sama sekali. Dengan berbagai kondisi masing-masing yang ada.

Seperti Suzuki Celerio, yang tidak terkirim sama sekali ke konsumennya, begitu juga dengan Renault Kwid. Lain lagi dengan pabrikan Korea seperti Hyundai i10 yang hanya terjual 8 unit, dan KIA Picanto 6 unit saja.

Lain ceritanya dengan penjualan mobil LCGC di Indonesia pada April 2017. Model ini bisa dikatakan menjadi salah satu penopang seksinya industri otomotif di Indonesia.

Sebut saja seperti Honda Brio Satya yang mampu terkirim hingga 4.149 unit. Selanjutnya disusul Toyota Calya mencapai 5.861 unit, Toyota Agya mencapai 3.185 unit.

Begitu juga dengan Daihatsu Sigra yang mencapai 2.786 unit, Daihatsu Ayla 2.747 unit. Selanjutnya ada Datsun yang mampu terkirim 781 unit dan terakhir Wagon R mencapai 354 unit. Hmm, sangat jelas perbandingannya bukan, Otolovers?

(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed