Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 15 Apr 2017, 16:50 WIB

Pajak yang Sangat Tinggi, Mobil Sport Seperti Dimusuhi di RI

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Pajak yang Sangat Tinggi, Mobil Sport Seperti Dimusuhi di RI Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Pemerintah saat ini memberikan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang tinggi terhadap mobil-mobil mewah di Indonesia, tak terkecuali untuk mobil sport.

Presdir Prestige Image Motorcars Rudy Salim mengatakan dengan adanya pajak yang sangat mahal ini, mobil-mobil supercar justru merasa dimusuhi di Indonesia.

"Kalau dilihat di negara maju, di jalanan mobilnya mewah-mewah, bukan dimusuhin, tapi itu dirangkul oleh pemerintah untuk menjadi investor di negara tersebut jadi negaranya maju. Ini dalam tanda kutip 'dimusuhin', diberi PPnBM, pajak tinggi, segala macam," ujarnya kepada detikOto, di Jakarta, Sabtu (15/4/2017).

Rudy berharap pemerintah memikirkan hal tersebut. Karena menurutnya mobil di segmen supercar termasuk indikator awal sebuah negara bisa berkembang dari sektor otomotif.

"Ketika orang beli mobil mewah maka setiap tahun, STNK bayarnya mahal, menggunakan bensin yang paling mahal, yang non subsidi, tentunya itu mendapatkan pendapatan lebih untuk negara, buat apa dibikin PPnBM, sehingga orang mobil enggak bisa diimpor, jadi penjualan lesu," tuturnya.

Selain itu Rudy juga berharap agar pemerintah tidak terus menerus menaikkan PPnBM untuk mobil-mobil supercar secara signifikan. Karena menurutnya para pemilik mobil supercar adalah juga orang Indonesia.

"Kita hidup di Indonesia, bekerja di Indonesia, cari nafkah di Indonesia. Kita juga ingin menikmati yang kita cari di Indonesia. Juga, jangan sampai justru beli ke negara lain," pungkasnya.





(khi/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed