Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 27 Mei 2016, 09:27 WIB

Toyota Demonstrasikan Teknologi Otonom pada Pemimpin Dunia

Niken Purnamasari - detikOto
Toyota Demonstrasikan Teknologi Otonom pada Pemimpin Dunia Foto: Toyota
Ise-Shima - Memanfaatkan momen KTT G-7 yang sedang berlangsung di Ise-Shima, Jepang, Toyota mendemonstrasikan mobil otonom Urban Teammate. Uji coba tersebut menggunakan Lexus LS.

Konsep dari Toyota Mobility Teammate yakni ingin menjangkau bagaimana hubungan antara mobil dengan manusia dalam sistem otonom. Mobil tersebut diuji coba di jalanan umum untuk melihat keberhasilan pengembangannya.

Toyota Mobility Teammate juga bekerja sama dengan tim Toyota lainnya yakni Highway Teammate yang diperkenalkan kepada publik pada Oktober tahun lalu. Highway Teammate memungkinkan kendaraan untuk mengakses jalan bebas hambatan tanpa perlu kendali dari manusia.

detikOto pernah menjajal teknologi ini di jalanan super sibuk di Tokyo beberapa waktu lalu. Mobil bisa berbelok sendiri di jalan tol tanpa perlu kita atur setirnya.

Untuk memantapkan proyek pengembangan mobil otonom, Toyota juga mengembangkan Urban Teammate dengan tujuan untuk mengembangkan mobil otonom di jalanan biasa.

Mobil tersebut bakal memiliki sensor mendeteksi penumpang, sepeda, maupun penghalang yang terdapat di jalanan pada saat sistem dipasang. Lampu lalu lintas pun bisa terdeteksi oleh kendaraan.

Sistem ini menggunakan GPS dan kamera serta modul SPAD Lidar yang menggunakan teknologi laser radar beresolusi tinggi untuk mengenali lingkungan di sekitar mobil.

Ke depannya, Urban Teammate akan menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence untuk mengoperasikan mobil di kondisi lalu lintas yang kompleks.



(nkn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed