Selasa, 18 Feb 2014 13:49 WIB

Jurusan Otomotif Diburu Anak SMK di Indonesia

- detikOto
REUTERS/Toru Hanai REUTERS/Toru Hanai
Bogor - Seiring sejalan berkembangnya industri otomotif di Indonesia, nampaknya siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kian meminati jurusan otomotif. Buktinya. Jurusan otomotif menjadi primadona siswa SMK.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Direktur Pembinaan SMK Mustaghfirin Amin di sela-sela acara Toyota Technical Education Program (T-TEP) di SMKN 1 Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/2/2014).

"Sekarang ini jurusan otomotif menjadi primadona. Banyak siswa yang ingin mengambil jurusan otomotif," katanya kepada para pewarta.

Hal senada juga diungkapkan langsung oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Cibinong, Jaenal Abidin. Menurutnya jumlah siswa di jurusan otomotif setiap tahunnya kian bertambah. Pertumbuhannya juga cukup signifikan dibandingkan jurusan lain yang ada di sekolahnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan menambahkan program T-TEP ini akan terus digalakan karena semuanya ini saling berhubungan.

"Kalau ditanya kami butuh lulusan SMK, jawabannya butuh, pemerintah juga butuh karena bisa membuka lapangan pekerjaan. Tujuannya adalah, setelah keluar atau lulus mereka bisa langsung kerja tidak menjadi pengangguran," lugasnya.



(ady/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed