Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 18 Desember 2017, 14:31 WIB

Komunitas Pajero Sport Siap Jelajahi Sumatera Hingga 5.268 Km

M Luthfi Andika - detikOto
Komunitas Pajero Sport Siap Jelajahi Sumatera Hingga 5.268 Km Komunitas Pajero Sport Siap Jelajahi Sumatera Foto: dok. istimewa
Bekasi - Pajero Owners Community Jabodetabek Chapter Area (POC-JAC) gelar touring simpatik ke Kilometer Nol, Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) pada Desember 2017 hingga 1 Januari 2018. Sebanyak 30 unit Mitsubishi Pajero Sport dan 100 peserta dikatakan siap meramaikan acara bertajuk Touring Family Adventure (TFA) ini.

Ini merupakan touring terjadi POC-JAC, dengan total jarak tempuh 5.268 km dan melewati 11 povinsi. Perjalanan dimulai dari Jakarta menuju Merak, kemudian masuk jalur tengah dan barat Sumatera. Adapun rute pulang acara bertema "Touring Simpatik Bersama Keluarga Menikmati Indahnya Indonesia" ini adalah dari Sabang membelah jalur timur Sumatera.

"Sebanyak 28 unit Pajero Sport bakal bertolak dari Jakarta, sedangkan dua kendaraan bakal bergabung di Sumatera Selatan dan Sumatera Barat," ujar Ketua Pelaksana TFA Kilometer O Azmi Bagindo di Bekasi, kemarin Minggu (17/12/2017).

Dia menuturkan Kilometer Nol dipilih karena memiliki nilai historis yang besar. Selain itu, POC-JAC belum pernah menyambangi daerah itu. Perjalanan komunitas ini di Sumatera baru sampai Sumbar. Oleh sebab itu, muncul desakan dari anggota untuk "ngegas" hingga Kilometer 0.

TFA ini, kata Azmi, cukup istimewa. Sebab, POC-JAC tidak sekadar touring, melainkan menggelar kegiatan sosial di wilayah yang dilewati. Sebut saja kegiata menyumbang MCK di Sabang, lalu promosi wisata Lembah Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumbar, dan kampanye anti-narkoba.

"Kami juga berencana merayakan malam pergantian tahun di Medan," ujar dia.

Dia menambahkan, peserta touring kali ini akan dibagi menjadi tiga kloter. Satu kloter terdiri atas 10 unit mobil, termasuk petugas, antara lain road captain dan sweeper.

Sejauh ini, dia menyatakan, persiapan touring sudah nyari 99%. Setiap mobil yang bakal ikut dipastikan dalam kondisi prima. Setiap kloter akan dilengkapi mobil servis. Jaringan diler Mitsubishi di daerah yang dilewati juga siap membantu jika ada masalah di perjalanan.

Dalam kesempatan ini juga, Pajero Owners Community Jabedetabek Chapter Area (POC-JAC), juga menghimbau kepada seluruh anggota untuk simpatik, tanpa menyalahi aturan lalu lintas dan meminta mengutamakan prioritas ke pengguna jalan lain.

"Kami melarang keras peserta touring menggunakan klakson secara berlebihan, sirene, dan lampu strobo. Ini aturan yang wajib dipatuhi peserta," ujar Ketua Pelaksana Touring Family Adventure (TFA) Kilometer Nol Azmi Bagindo.

Dia menyatakan, touring ini juga tidak menggunakan voojrider. Artinya, pemimpin touring adalah road captain dari POC-JAC. Dia juga menegaskan, peserta dilarang kebut-kebutan selama touring ini berlangsung. Alih-alih itu, mendahului kendaraan di depan saja tidak diperkenankan, tanpa persetujuan RC, officer, atau group leader.

Peserta touring ini juga harus membawa surat-surat kendaraan yang masih berlaku. Terakhir, peserta dilarang membawa mobil saat mabuk dan dalam pengaruh obat-obatan lainnya.

"Kami juga tidak akan menggelar kegiatan hingga tengah malam, sehingga peserta bisa beristirahat dan bisa kembali driving pada pagi hari," ujar dia. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed