Selasa, 15 Jul 2014 09:13 WIB

AXIC Santuni Anak Yatim Bekasi

- detikOto
Bekasi - Ada pemandangan berbeda di Pesantren Putri As-Syafi’iyah Jatiwaringin, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (12/7) pekan lalu. Tak biasa puluhan mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia memenuhi lapangan parkir pesantren tersebut pada Sabtu sore itu.

Rupanya, klub otomotif, AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC), punya gawean yang dinamakan AXIC-nya Berbagi.

Meski didera hujan, sekitar 105 anggota AXIC berbaur bersama sekitar 250 anak -anak yatim dan santri di Ruang Serba Guna Pesantren Putri As-Syafi’iyah. Pemandangan ini terasa kontras tapi syahdu, karena para anggota AXIC menggunakan seragam merahnya, sedangkan para anak yatim dan santri kebanyakan menggunakan busana warna putih.

Setelah dibuka dengan sambutan dari PP AXIC dan Pesantren Putri As-Syafi’iyah, para hadirin dihibur dengan atraksi tari Saman dan Marawis.

Kemudian pembacaan ayat suci Al Quran. Menjelang waktu berbuka, disampaikan tausiah oleh H A Barliansyah, Pimpinan Pesantren Putri As-Syaafi’iyah.

Setelah berbuka puasa bersama dan melaksanakan salat taraweh berjamaah, acara dibuka kembali dengan pemberian bantuan dan santunan kepada anak-anak yatim senilai Rp 15 juta.

Ya, dalam event AXIC-nya Berbagi ini, klub otomotif yang jumlah anggotanya tembus angka 4.000 ID ini memberikan sumbangan berupa alat-alat mandi, susu, dan sembako, serta uang sebesar Rp 15 juta.

Acara yang didukung oleh mitra AXIC, seperti Frisian Flag Indonesia, Garda Oto, dan Love Juice ini juga menjadi ajang kopdar lintas chapter dan cabang AXIC, bersama Pengurus Pusat AXIC.

Darlan Nuryandi, Ketua Umum AXIC, mengatakan acara buka bersama ini rutin diselenggarakan setiap tahunan di bulan suci Ramadhan.

Acara buka puasa bersama ini juga dibarengi dengan pemberian santunan dan sedekah dari para anggota AXIC kepada pihak-pihak yang berhak. Event AXIC-nya Berbagi ini merupakan kegiatan buka puasa AXIC, supaya chapter dan cabang bisa berkumpul melakukan buka puasa bersama.

"Kegiatan sosial seperti buka pusa bersama dan pemberian santuan ini merupakan salah satu pilar AXIC sebagai klub otomotif, selain pilar kegiatan otomotif dan keluarga. Dan selama Ramadan ini, AXIC memang cenderungan banyak melakukan aktivitas kegiatan sosial," kata pria yang biasa disapa Om Andi ini ramah.

Sahur On The Road

Setelah event AXIC-nya Berbagi ini, pada Sabtu pekan ini, (19/7), AXIC akan melakukan event selanjutnya, yakni Sahur On the Road (SOTR) bersama AXIC Gowes & Friends, atau disingkat SORBAN 2014. Pada tahun ini, acara yang dikomandani AXIC Gowes berkolaborasi dengan AXIC Cabang Bekasi.

Uniknya, di acara ini sekitar 75 peserta akan menggunakan sepeda menuju lokasi acara yang dipusatkan di Mesjid Attaqwa Perumahan Harapan Indah 2 Bekasi, Jawa Barat.

"Sekitar 75 orang akan gowes ke lokasi acara, kemudian melakukan sahur bersama dan memberikan bantuan pada panti asuhan dan mesjid di lokasi," kata Adjep Suratman, Ketua AXIC Gowes.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com