Kamis, 18 Jul 2019 21:27 WIB

Kata Wapres, Pemerintah Terus Dukung Industri Otomotif

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jusuf Kalla di GIIAS 2019 Foto: Rifkianto Nugroho Jusuf Kalla di GIIAS 2019 Foto: Rifkianto Nugroho
Tangerang - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pemerintah akan terus mendukung industri otomotif. Sebabnya, industri otomotif turut menyumbang kemajuan ekonomi negara.

"Karena kita menyadari bahwa mobil (industri otomotif) memiliki multiplier effect yang luas, mempunyai ratusan vendor yang berkembang satu sama lainnya, ratusan ribu pekerja mungkin hingga jutaan pada akhirnya, pekerja yang punya skill sehingga upahnya jauh di atas UMR. Makanya indikasi industri ini didukung swasta dan pemerintah," ujar JK dalam sambutannya di acara Opening Ceremony GIIAS 2019 di Nusantara Hall ICE, BSD, Tangerang, Kamis (18/7/2019).



Karena memiliki dampak positif terhadap negara, pemerintah, kata JK, mendukung perkembangan industri otomotif Tanah Air. Dukungan hadir baik dari segi industri pendukung seperti baja maupun pelabuhan untuk mempermudah pengiriman kendaraan ke berbagai penjuru dunia.

"Baja dan sebagainya sudah difungsikan untuk ini. Kemudian untuk perdagangan dalam negeri dan ekspor, kita di Tanjung Priok sudah lebih dari 10 tahun bisa ngirim di sana. Nanti di Patimban untuk melayani industri mobil di sekitar Bekasi dan Karawang juga akan dibuat terminal besar di Patimban," kata JK.



"Pemerintah akan sebaiknya mendukung industri ini dengan infrastruktur yang berkembang juga," sambungnya.

Menurut JK, industri otomotif sangat dinamis dalam banyak hal. Baik dari segi teknologi, harga, model hingga cara pemakaiannya. Industri otomotif pun kini bergerak menuju teknologi kendaraan elektrifikasi.

"Ini dibutuhkan segala macam services bagaimana mencapai ini, baik dari manufacture, diler maupun masyarakat yang sudah siap. Tentu membutuhkan waktu dalam perkembangan teknologi ini," katanya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com