Kamis, 18 Jul 2019 10:47 WIB

Jokowi Absen, Wapres Jusuf Kalla Buka GIIAS 2019

Rangga Rahadiansyah - detikOto
JK Buka GIIAS 2019. Foto: Rifkianto Nugroho JK Buka GIIAS 2019. Foto: Rifkianto Nugroho
Tangerang - Pameran otomotif tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 siap dibuka hari ini, Kamis (18/7/2019). Seperti tahun-tahun sebelumnya, GIIAS 2019 akan ada banyak mobil dan motor baru.

GIIAS 2019 dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Hal ini cukup berbeda dengan GIIAS 2018 lalu yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun, ini bukan kali pertama JK meresmikan GIIAS 2019. Sebelum 2018, GIIAS juga dibuka oleh JK.



"Hari ini kita tentu sangat bergembira untuk memulai pameran GIIAS yang diselenggarakan setiap tahun. Dan saya sendiri sudah berkali-kali membuka acara ini. Tapi bagi saya ini menyenangkan untuk mengikuti perkembangan otomotif Indonesia karena otomotif merupakan dunia saya sejak puluhan tahun lalu," kata JK dalam sambutannya di Opening Ceremony GIIAS 2019 di ICE, BSD, Tangerang, Kamis (18/7/2019).

Jusuf KallaJusuf Kalla Foto: Rifkianto Nugroho


Menurut JK, pameran GIIAS hari ini akan memberikan indikasi kemajuan industri otomotif yang telah dicapai. Karena, kata JK, salah satu kemajuan negara juga diukur dari perkembangan industri, salah satunya industri otomotif

"Saya ucapkan selamat kepada Gaikindo yang telah menyelenggarakan acara ini. Dan saya lihat minat masyarakat luar biasa," kata JK.



Di kesempatan yang sama, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menambahkan, GIIAS 2019 merupakan sebuah gerakan untuk menggambarkan perkembangan teknologi otomotif.

"GIIAS adalah ajang otomotif skala internasional dan telah di-endorse oleh organisasi internasional, OICA. Ini setara dengan Tokyo Motor Show, Paris Motor Show, Frankfurt Motor Show dan Geneva Motor Show. Oleh karena itu, GIIAS menjadi jendela industri otomotif Indonesia. Di GIIAS juga akan ada industri otomotif yang launching produknya, ada world premiere dan kendaraan konsep," ujar Airlangga.

Sementara Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi, menyebut pihaknya berkomitmen menyelenggarakan pameran otomotif untuk menumbuhkan industri otomotif dalam negeri maupun global.

"GIIAS adalah pameran teknologi otomotif yang merupakan bagian seri pameran otomotif global. Semangat future in motion akan hadir di 27th GIIAS 2019. Lewat berbagai teknologi dan programnya," katanya.


GIIAS 2019 akan menampilkan total 20 merek kendaraan penumpang, yakni Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, JEEP, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, Wuling.

Serta 10 merek kendaraan komersial dan karoseri, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, UD Trucks, dari karoseri akan hadir Adi Putro, Laksana, dan Tentrem. 12 merek sepeda motor juga akan hadir mulai dari Benelli, Harley-Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar. Sementara dari industri pendukung, lebih dari 300 merek telah mencatatkan komitmennya pada The 27th GIIAS 2019.


Kabarnya akan ada 20 kendaraan baru yang diluncurkan di GIIAS 2019. Tak cuma mobil, ada juga sepeda motor yang diluncurkan di GIIAS 2019. Bahkan, kendaraan konsep pun dikabarkan bakal meramaikan GIIAS 2019.

Penasaran? Simak terus beritanya di detikcom.

Jokowi Absen, Wapres Jusuf Kalla Buka GIIAS 2019


Simak Video " Keren! Kursi Mobil Ini Fleksibel Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com