Rabu, 17 Jul 2019 14:36 WIB

Indonesia Bakal Gelar Pameran Kendaraan Listrik Pertama Kali

Ridwan Arifin - detikOto
Mobil listrik Foto: Ari Saputra Mobil listrik Foto: Ari Saputra
Jakarta - Tren penggunaan kendaraan listrik semakin menggema baik secara global maupun domestik. Melihat pemandangan tersebut, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama instansi terkait akan menggelar pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019.

Pameran khusus kendaraan listrik yang baru pertama kali digelar Indonesia ini memiliki tajuk "Electric Vehicle for Smart Transportation". Kepala BPPT, Hammam Riza mengatakan acara ini lebih kepada mengenalkan teknologi terbaru khususnya ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.



"Rangkaian peresmian launching dari Indonesia Electric Motor Show 2019, kita yakini kendaraan bermotor listrik ataupun KBL merupakan salah satu diseruptive technology. Tentu saja kita semua harus bisa mengantisipasi," ujar Kepala BPPT Hammam Riza

"Disruptive innovation itu adalah munculnya teknologi yang kemudian akan mengganti market place sebelumnya, disruptive innovation artinya replacement dari incumbent market dan tentu saja ini akan menjadi new market, akan menjadi jaringan nilai yang baru, mengganti kendaraan berbasis fossil dengan KBL tentu saja harus disertai upaya sosialisasi mencermati seluruh perkembangan," sambungnya.

Rencananya rangkaian kegiatan bakal dihelat di dua tempat berbeda. Pertama bertempat di Balai Kartini, Jakarta pada 4 - 5 September 2019 agenda pameran, seminar, presentasi produk, dan workshop.

Acara lanjutan digelar pada 7 September 2019 bertempat di kantor BPPT Serpong, Tangerang Selatan dengan acara pameran fast charging station, electric vehicle component test, dan tes drive kendaraan listrik. Namun sebelumnya akan diadakan konvoi kendaraan listrik dari model MPV hingga SUV dari kantor BPPT Thamrin menuju BPPT Serpong.



Tak hanya itu, pengunjung juga bisa melakukan transaksi pembelian kendaraan listrik dan seminar seputar kendaraan listrik. Untuk mengetahui lebih lanjut bisa membuka laman electricmotorshow.id.

Selain BPPT, acara ini didukung Kementerian Kordinator, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, serta BUMN seperti PLN dan Pertamina.


Indonesia Bakal Gelar Pameran Kendaraan Listrik Pertama Kali
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com