Senin, 06 Mei 2019 12:35 WIB

Kendaraan Listrik

Bamsoet Ingatkan APM Jangan Egois, Hanya Pikirkan Bisnis

Ridwan Arifin - detikOto
Ketua DPR Bambang Soesatyo Foto: Luthfi Anshori Ketua DPR Bambang Soesatyo Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Indonesia tengah berbenah diri untuk menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan kendaraan listrik. Agen Pemegang Merk (APM) pun tak ketinggalan untuk menawarkan produk, pabrikan Jepang atau Eropa memulainya dengan teknologi Hybrid.

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai bahwa Indonesia sudah siap melompat ke teknologi kendaraan full electric atau murni listrik. Ia juga mengingatkan agar APM tidak khawatir akan kehilangan pasar.

"Kita siap dengan era kendaraan listrik, Gesits saja sudah siap. Tidak ada kata tidak siap. Mereka ini kan tidak mau kehilangan bisnisnya, saya mengingatkan kepada APM jangan hanya melihat kepentingan bisnis, tapi pikirkan kepentingan ekonomi rakyat dan lingkungan kita," ujar Bamsoet di Kemayoran, Jakarta, Minggu (5/5/2019).




"Saya sangat mendukung, menurut saya tidak perlu Hybrid tapi langsung ke full listrik. Beberapa negara sudah memulainya dan memberikan insentif yang luar biasa kepada produsen yang membuatnya," ujar Bamsoet.

Lebih lanjut Bamsoet juga menyoroti apa yang telah dilakukan perusahaan transportasi Bluebird yang telah memulai kendaraan murni listrik. Meski banyak APM yang memiliki jajaran produk di segmen kendaraan hybrid.



"Bluebird harus ditiru, saya juga mendorong pemerintah DKI untuk kendaraan dinas pegawainya wajib menggunakan kendaraan listrik. Begitu juga bus-bus dan angkutan-angkutan, jadi sudah seharusnya pemerintah mulai migrasi ke kendaraan listrik," pungkas Bamsoet.

(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com