Sabtu, 21 Apr 2018 18:22 WIB

Kenapa Wuling Cortez 1.500 cc Tak Pakai Mesin Turbo?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kenapa Wuling Cortez 1.500 cc Tak Pakai Mesin Turbo? Foto: Rengga Sancaya Kenapa Wuling Cortez 1.500 cc Tak Pakai Mesin Turbo? Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Wuling Motors Indonesia meluncurkan Cortez dengan mesin lebih kecil, yaitu 1.500 cc di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Tapi, Wuling Cortez 1.5 yang dijual di Indonesia hanya menggunakan mesin naturally aspirated, bukan mesin turbo.



Product Planning Specialist Wuling Motors Indonesia, Arief Ramadhi, mengatakan pada awalnya Wuling hanya fokus dengan Cortez bermesin 1.800 cc. Namun ternyata, kata dia, konsumen Indonesia banyak yang menginginkan Cortez yang lebih terjangkau.

"Kita menyediakan varian medium MPV tapi dengan harga yang kompetitif," kata Arief di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (20/4/2018).



Menurutnya, Cortez dengan badan yang lebih besar masih cocok menggunakan mesin 1.500 cc. Untuk masalah kekuatan mesin, Arief mengklaim Wuling sudah mengujinya.

"Kita sudah ada bagian pengetesan di pabrik. Dari horsepower cukup. Sudah disetting juga gear ratio. Udah dites di tanjakan dengan kapasitas 8 penumpang. Kita pede karena sudah disesuaikan juga dengan bobotnya," kata Arief.



Menurutnya, mesin naturally aspirated berkapasitas 1.5 liter saja sudah cukup. Jadi, dia menilai mobil itu tidak perlu pakai turbo lagi.

"Karena ingin lebih memiliki harga kompetitif. Kita kembangin, mesin 1.5L di Indonesia punya minatnya," ucap Arief. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed