ADVERTISEMENT
Senin, 31 Agu 2015 07:58 WIB

Cerita SPG GIIAS

Berapa Honor Model Cantik Selama Pameran GIIAS?

Dini Afrianti Efendi - detikOto
Suzuki Angels Suzuki Angels
Tangerang - Pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2015 sudah resmi ditutup Minggu 30 Agustus kemarin. Selain menjadi sumber rezeki buat produsen, para usher ataupun model cantik juga ketiban rezeki nomplok.

Para usher ini mengaku hajatan akbar otomotif internasional ini merupakan proyek besar yang mereka dapatkan dari acara otomotif yang pernah mereka ikuti.

“IIMS tahun kemarin aku awal-awal di spare part, sekarang lebih besar mobil di sini (GIIAS)” ujar Seby, seorang model di perusahaan truk komersial.

googletag.defineOutOfPageSlot('/4905536/detik_desktop/oto/parallax_detail', 'div-gpt-ad-1558277787290-0').addService(googletag.pubads());
Dari survei kecil-kecilan yang dilakukan detikOto, para usher ini mendapatkan honor per shift nya (5 jam) berkisar antara Rp 900.000 hingga Rp 2.000.000 di masing-masing booth yang berbeda.

Namun jika mereka melakukan long shift yang biasanya terjadi pada weekend yakni Jumat-Minggu, maka mereka akan mendapatkan honor dua kali lipat dari honor biasanya.

Honor tertinggi diberikan kepada para usher Toyota yang kabarnya berkisar antara Rp 1.500.000 hingga Rp 2.000.000, honor ini diberikan berdasarkan kontrak yang dilakukan para usher, karena ada sebagian usher Toyota yang hanya mengisi freelance, sementara yang sudah dikontrak dari agency oleh pihak Toyota bisanya mendapat honor yang lebih besar.

Para usher yang mengikuti ajang pameran otomotif terbesar se-Asia Tenggara ini, rata-rata berada dibawah naungan agency yang berbeda dan mempunyai manajemen tersendiri, serta harus melalui beberapa tahap seleksi.

Para model ini biasanya sudah stand by menghiasi booth masing-masing dari jam 11 pagi hingga jam 5 sore pada weekday, sedangkan untuk weekend dimulai dari 10 pagi hingga jam 5 sore.

Agar bisa berdandan cantik dan maksimal, para wanita ini memerlukan waktu yang cukup lama juga.

"Aku (make up dan persiapan) stand by dari jam 8 harus ada di sini, pokoknya dua jam sebelum acara, semua make up dan kostum disediakan, sedangkan mulai acaranya jam 10 untuk weekend, dan 11 untuk weekday,” ujar Kiki, seorang usher dari Bekasi.

Kiki juga menuturkan kriteria khusus yang diminta agen pemegang merek yang dinaunginya, selain cantik dan tinggi yang terpenting bagi seorang usher itu smart. “Jadi nggak hanya cantik aja, ramah juga," tambahnya.

Dari catatan detikOto, untuk menampilkan para model ini, pabrikan harus mengeluarkan kocek sampai miliaran lho. Suzuki misalnya, yang mencapai Rp 1,5 miliar untuk biaya para Suzuki Angelsnya.

Tahun ini, Suzuki memiliki 54 orang Suzuki Angels. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan jumlah Suzuki Angels yang bertugas di tahun 2014, yakni sebanyak 40 orang.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com