ADVERTISEMENT
Selasa, 31 Mar 2015 18:24 WIB

IIMS 2015

Cerai dengan Gaikindo, Dyandra Awalnya Sedih

- detikOto
Mobil Toyota FT-1 di IIMS 2014 Mobil Toyota FT-1 di IIMS 2014
Jakarta - Tahun ini, pameran otomotif di Indonesia ada dua yang berjalan di waktu yang bersamaan yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) yang diselenggarakan oleh PT Dyandra Promosindo dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) digelar oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Kedua ajang itu akan dimulai pada 20 sampai 30 Agustus 2015 dengan tempat yang berbeda. IIMS di JI Expo Kemayoran dan GIIAS di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan.

Sebelumnya, Gaikindo dan Dyandra telah berkolaborasi selama bertahun-tahun untuk mengadakan pameran IIMS. Namun kali ini, kedua pihak itu 'bercerai' dan membuat pameran otomotif di tempat berbeda dengan waktu yang bersamaan.

Direktur PT Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh menegaskan, tahun ini Dyandra berjalan sendiri dalam menyelenggarakan IIMS 2015. Hal itu awalnya membuat Dyandra sedih karena ditinggal Gaikindo.

"Tahun ini, Dyandra akhirnya berjalan sendiri. Awalnya memang menyedihkan. Tapi saya yakin di balik berita sedih selalu ada hikmah," kata pria yang akrab disapa Ko Hen itu di acara konferensi pers IIMS 2015, di Jakarta, Selasa (31/3/2015).

Ia melanjutkan, meski Gaikindo menyelenggarakan pameran otomotif sendiri, Dyandra tetap berkomitmen untuk tetap menggelar IIMS.

"Kami Dyandra, tetap berkomitmen untuk melaksanakan IIMS sampai kapan pun kami dipercaya Tuhan Yang Maha Kuasa. Dan tahun ini kita tetap selanggarakan IIMS 2015," tegas Ko Hen.

Mengenai bentroknya jadwal dengan pameran lain, Ko Hen pun kembali angkat bicara. Ko Hen bercerita, pihaknya sudah memesan JI Expo untuk digunakan IIMS 2015 pada 20 sampai 30 Agustus 2015 sebelum Gaikindo mengumumkan akan menggelar GIIAS. Tapi Ko Hen mengaku, Dyandra tidak ingin mengumumkan waktu penyelenggaraan IIMS karena faktor tertentu.

"Desember kita sudah membayar ke JI Expo. Kita tidak umumkan, karena sikap Gaikindo kan belum jelas waktu itu. Kita sebagai EO inginnya kita lagi yang dipakai Gaikindo," kata Ko Hen.

Menurutnya, tanggal 20 sampai 30 Agustus 2015 sudah ditetapkan Dyandra karena permintaan Gaikindo. Makanya, Dyandra langsung memesan JI Expo agar tidak ditempati pameran lainnya.

"Tanggal itu sebenarnya ditentukan sama-sama, itu request dari Gaikindo. Kalau kita tidak booking, entar kalau tempat itu sudah keisi oleh pameran lain kan kita enggak bisa ngapa-ngapain lagi. Itu kita booking tanggal 24 Sesember," cerita Ko Hen.

"Kita tunggu-tunggu gimana Gaikindo, akhirnya semua jelas pas tanggal 13 Januari melalui surat yang disebarkan ke APM (agen pemegang merek) bahwa untuk tahun ini Gaikindo mengganti nama dan tanggalnya 20-30 Agustus. Itu diumuminnya tanggal 13 Januari," lanjutnya.

Mendengar kabar itu, Ko Hen langsung menghubungi pihak JI Expo untuk mengganti waktu gelaran IIMS 2015. Namun, di tahun 2015 Hall JI Expo sudah penuh dipesan oleh event organizer lain yang mengadakan pameran lainnya.

"Pada tanggal 14 Januari saya call pihak JI Expo, ada nggak tanggal yang lain karena kita berat kalau bareng. Tapi jawabannya udah penuh, karena JIexpo itu jadwalnya dari tahun sebelumnya kan," katanya.

Ko Hen melanjutkan, pihaknya pun tidak mau membatalkan pemesanan JI Expo untuk diadakan IIMS 2015. Sebab, perusahaan event organizer itu tidak hanya mengurusi satu pameran di JI Expo, tapi juga banyak pameran di bidang lain.

"Kita udah booking JI Expo, udah bayar, kita enggak mau batalin dong. Kita kan ngadain pameran banyak enggak cuma otomotif aja. Kalau gara-gara satu biji ini aja hubungan kita dengan JI Expo rusak kan kacau nanti. Kita tidak ingin mengorbankan itu untuk kepentingan diri sendiri," akunya.

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com