ADVERTISEMENT
Senin, 23 Mar 2015 13:30 WIB

Laporan dari Bangkok

10 Teknologi Canggih di Ford Ranger

- detikOto
Bangkok -

Pabrikan mobil asal Amerika, Ford resmi memperkenalkan New Ford Ranger di arena Bangkok Internasional Motor Show ke-36 yang digelar di Impact Challenger Hall, Bangkok, Thailand, Senin (23/3/2015). Berbagai teknologi canggih ditanamkan di mobil double cabin ini.

"Interior New Ranger ramping dan modern dengan aspek teknik yang kuat. Menonjolkan desain, kami memilih material yang stylish dan menarik, sementara cukup tahan lama untuk menangani kehidupan yang keras dari truk pekerja. Interior mungkin terlihat lebih seperti mobil, tapi begitu praktis seperti selama ini," kata Design Manager Ford Asia Pasifik, Dave Dewitt.

New Ford memiliki kemampuan mengarungi air hingga kedalaman 800 mm. Pihak Ford menjelaskan, New Ranger memang dibuat untuk menangani medan paling ekstrem.

Mobil garang ini, memungkinkan pengemudi model 4x4 untuk menggunakan fitur shift on the fly dari pengaturan 4x2 ke 4x4 high dengan tombol di konsol tengah. New Ranger yang dipamerkan di Bangkok Motor Show menggunakan transmisi otomatis enam percepatan.

Berikut beberapa tekhnologi canggih yang ditanamkan di New Ford:

1. SYNC 2 generasi terbaru dari sistem konektivitas dalam mobil, memberikan pengemudi cara lebih pintar dan lebih aman untuk tetap terhubung menggunakan perintah suara natural seperti menyebutkan "temperature 20 degrees", "plat AC/DC", atau "Im hungry". Pengemudi dapat mengendalikan suhu kendaraan, sistem hiburan dan sistem navigasi dengan lebih mudah dari sebelumnya.

2. Untuk kenyamanan ekstra, New Ranger menampilkan stop kontak bertenaga 240 volt yang dapat digunakan untuk mengisi baterai laptop di manapun.

3. Lane Keeping Alert dan Lane Keeping Aid bekerja bersama-sama untuk membantu mencegah pengemudi keluar dari jalur secara tak disengaja saat berkendara pada kecepatan tinggi. Jika kamera depan mendeteksi kendaraan menyimpang dari jalurnya, Lane Keeping Alert akan memberi peringatan kepada pengemudi melalui getaran yang disalurkan ke roda kemudi. Jika tidak ada tindakan yang diambil untuk memperbaiki penyimpangan, Lane Keeping Aid menerapkan torsi kemudi untuk memandu kendaraan kembali ke jalurnya.

4. Adaptive Cruise Control memanfaatkan radar sensor untuk menjaga kecepatan maupun jarak dengan kendaraan di depan, sistem ini telah ditentukan sebelumnya. Ketika sistem mendeteksi adanya kendaraan di depan, secara otomatis akan mengurangi kecepatan mobil untuk menjaga jarak aman. Sebuah limiter kecepatan yang dapat disesuaikan membantu mencegah pengemudi secara tidak sengaja melewati kecepatan yang telah dipilih sebelumnya.

5. Forward Alert bekerja dengan adaptive cruise control untuk memberikan pengemudi peringatan visual dan audio ketika celah dengan kendaraan depan berkurang di bawah jarak aman. Sistem ini juga mengisi daya rem untuk memastikan kinerja pengereman yang optimum.

6. Front and Rear Park Assist menggunakan sensor untuk mendekati rintangan dan memberikan peringatan audio ketika kendaraan mendekati objek penghalang pada kecepatan rendah, seperti saat parkir.

7. Tire Pressure Monitoring System membantu pengemudi tetap aman dan hemat bahan bakat dengan mengingatkan mereka ketika tekanan ban terlalu rendah.

8. Electronic Stability Program dengan rollover mitigation dan trailer sway control membantu kendaraan tetap terkendali bahkan dalam kondisi buruk

9. Driver Impairmet Monitor, mendeteksi ketika pengemudi mengantuk. Sistem ini memperingatkan pengemudi de,gan sinyal yang secara bertahap semakin kencang

10. Hill Launch Assist, membantu pengendara tetap yakin saat bekendara di jalanan miring, maju maupun mundur. Membantu menuruni kemiringan tajam pada kecepatan konstan.



(kha/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com