Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 21 Juli 2017, 16:22 WIB

Viral, Iklan Ini Dihujat Karena Samakan Wanita Dengan Mobil Bekas

Anggi Mayasari - detikOto
Viral, Iklan Ini Dihujat Karena Samakan Wanita Dengan Mobil Bekas Foto: Screenshot Youtube
China - Iklan sebuah produsen mobil, Audi di China baru-baru ini menjadi kontroversial. Pasalnya banyak netizen yang marah dan mengkritik bahwa iklan tersebut bernada sarkasme, yang menunjukkan seorang wanita disamakan dengan mobil bekas.

Iklan yang berdurasi 34 detik untuk mobil bekas Audi di Cina itu menceritakan seorang pengantin pria dan pengantin wanita tengah mengucapkan sumpah pernikahan mereka di hadapan pendeta dan semua tamu undangan. Tiba-tiba ibu dari mempelai pria datang berjalan menghampiri kedua mempelai dan mengganggu prosesi pernikahan.

Dalam video tersebut terlihat bahwa sang ibu meragukan menantu perempuannya sebagai pendamping buah hatinya untuk masa depan. Ibu itu pun melakukan inspeksi dan pengecekan seluruh tubuh mempelai wanita dengan kasarnya. Ia menarik telinga, hidung, dan meminta menantunya membuka mulut. Setelah menilik dan menelaah serta dianggap tak ada masalah, sang ibu mertua memberikan isyarat bahwa semua baik-baik.
Viral, Iklan Ini Dihujat Karena Samakan Wanita Dengan Mobil BekasFoto: Screenshot Youtube

Pasangan itupun terlihat lega, hingga akhirnya sang ibu menoleh kembali kebelakang dan menyadari bahwa dirinya lupa memeriksa bagian intim si pengantin wanita. Hal tersebut membuat membuat mempelai wanita sepat menutupi bagian dadanya.
Viral, Iklan Ini Dihujat Karena Samakan Wanita Dengan Mobil BekasFoto: Screenshot Youtube

Iklan tersebut kemudian diakhiri dengan sebuah mobil Audi yang berjalan di sudut jalan kosong. Diikuti dengan narasi suara pria yang menyatakan "Keputusan penting harus dibuat dengan hati-hati. Audi Approved: plus online 4S shop. Hanya dengan sertifikat resmi Anda bisa beristirahat dengan mudah"

Iklan yang telah ditayangkan di bioskop China selama beberapa bulan terakhir ini mendapat perhatian luas dan menjadi viral di Weibo. Banyak kebanyakan orang yang tersinggung setelah menontonnya.

Netizen China menganggap bahwa iklan tersebut 'sampah', 'diskriminatif', dan 'sarkasme'. Beberapa orang juga bertanya-tanya bagaimana bisa perusahaan internasional seperti Audi bisa membiarkan video semacam itu melewati tahap perencanaan, apalagi ada di layar bioskop China.

"Iklan ini berselera rendah. Bukankah ini hal yang dilakukan oleh orang saat ingin membeli hewan ternak?," komentar salah seorang netizen.

"Hal yang menyebalkan tentang iklan mobil bekas Audi, selain objektivitas wanita, adalah anggapan bahwa pelanggan Cina hanya pantas melihat iklan seperti ini," tulis netizen lainnya.

Beberapa netizen juga mendorong untuk memboikot Audi. Namun pihak Audi sendiripun kini telah memberikan pernyataan setelah reaksi negatif yang diperoleh dari iklan tersebut. Produsen mobil asal Jerman inipun merilis permintaan maaf dan sangat menyesal. Mereka juga mengungkapkan bahwa iklan tersebut dibuat oleh divisi mobil dari joint venture di Cina.


(agm/eny)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed