Minggu, 07 Jan 2018 10:13 WIB

Driver Ojek Online Buka Jalan Buat Ambulans

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Screenshot Instagram Foto: Screenshot Instagram
Jakarta - Tampaknya kendaraan darurat seperti ambulans di Indonesia masih belum dipedulikan prioritasnya. Ketika ambulans bertugas mengantarkan pasien yang butuh pertolongan cepat dan suara sirine sudah meraung keras, tak jarang pengguna kendaraan bermotor lainnya malah tidak memberikan jalan.

Padahal, ambulans adalah kendaraan darurat yang seharusnya mendapatkan prioritas di jalan raya. Menurut undang-undang yang berlaku, ambulans merupakan kendaraan prioritas nomor dua setelah pemadam kebakaran.



Ambulans yang terjebak macet kembali terjadi. Seperti dalam video yang diunggah akun instagram @gojek24jam hasil rekaman @deboraborucacada, ambulans itu sudah membunyikan sirinenya. Tapi tak ada ruang untuk ambulans tersebut lewat.

Driver ojek online ini pun mencoba membantu ambulans untuk mendapatkan akses jalan. Driver ojek online itu meminta mobil lainnya untuk memberikan ruang kepada ambulans untuk lewat.



Ini bukan pertama kalinya terjadi. Sudah beberapa kali ambulans lewat tapi tidak diberi jalan. Alhasil, pengendara lain yang peduli pun mencoba membuka jalan.

Padahal, di luar negeri, di negara-negara maju, tanpa diminta kendaraan lain akan minggir kalau ada kendaraan darurat lewat. Di Jerman, misalnya, semacet apa pun kalau ada kendaraan darurat lewat dengan raungan sirinenya, pengendara lain langsung ke pinggir dan memberi ruang di tengah untuk memberikan jalan kepada ambulans. Ambulans itu pun dengan mudahnya membelah lalu lintas yang tengah padat.

[Gambas:Instagram]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed