Sabtu, 12 Jan 2019 13:22 WIB

Heboh! Mobil Terparkir di Mall Dibobol Maling

Luthfi Anshori - detikOto
Mobil dibobol di Kemvil Foto: Pool Mobil dibobol di Kemvil Foto: Pool
Jakarta - Tindak pencurian barang dari dalam mobil bisa terjadi di mana saja, sekalipun pemilik mobil merasa sudah parkir di tempat yang aman. Misalnya seperti yang baru saja dialami oleh Bonita Rachel. Ia harus kehilangan barang-barang berharga miliknya di lokasi parkir, dengan penjagaan security dan kamera CCTV.

"Ini kejadiannya hari Kamis kemarin (10/1/2019), sekitar jam 14.40, di Kemang Village," kata Bonita, saat dihubungi detikOto, Sabtu (12/1/2019. Bonita menjadi korban pencurian setelah sadar dua buah tas miliknya yang berisi laptop Macbook Pro 15 inci tidak ada di dalam mobilnya.



Pada awalnya Bonita tidak menaruh kecurigaan sama sekali saat memutuskan parkir di sektor 2C mall Kemang Village, Jakarta Selatan. Alasannya, lokasinya dekat dengan pintu exit. Pengawasannya pun cukup ketat karena ada satpam dan kamera CCTV. Apalagi saat memarkirkan Honda Jazz RS Hitam miliknya, ia juga melihat ada dua Honda Jazz Silver yang tengah diparkir. Jadi ia merasa aman.

"Aku parkir di 2C karena dekat pintu masuk dan ada security sama CCTV juga. Kebetulan saat itu aku cuma mau mampir ke Sour Sally sama Ace Hardware aja, jadi cari parkir yang dekat pintu keluar. Karena kalau masuk ke gedung parkir Kemvill itu pasti masuk ke parkiran UG dan dari UG ke pintu exit itu muter-muter dulu. Jadi biar nggak ribet pas pulangnya," terang Bonita.



Bonita bersama satu orang temannya kurang lebih berada di Kemang Village sekitar satu jam, dan setelah sampai lokasi parkir tidak sadar mobilnya sudah dibobol. "Mungkin karena aku (asyik) ngobrol, aku nggak sadar waktu mau balik, pintu (mobil) sebenarnya sudah kebuka. Mobilku sendiri sudah pakai remote, dan kalau di-lock atau unlock memang nggak ada isyarat bunyi, cuma lampu aja. Lanjut aku masuk ke mobil dan terus aja keluar mall," jelasnya lagi.

Wanita yang bekerja di daerah Cipete ini sadar dua buah laptop-nya hilang ketika sudah berada di rumah. "Sampai di kosan mau ambil tasku dan ternyata nggak ada. Dan masing-masing isinya laptop. Langsung aku balik ke Kemvill bawa mobil juga. Dan di situ aku baru sadar central lock mobilku dirusak. Jadi setiap aku ngunci pasti otomatis kebuka lagi. Dan socket kunci pun sudah bengkok," rinci Bonita.

Mobil dibobol di MallMobil dibobol di Mall Foto: Pool


Setelah sadar dirinya baru mengalami pencurian, Bonita langsung melapor ke pihak security dan meminta rekaman kamera CCTV. "Aku balik ke Kemvill di tempat yang sama. Aku ke security pintu masuk dan bilang kalau mobil dibobol dan laptop hilang, dan saya mau lihat CCTV," terang Bonita.

Sebagai tindak lanjut, Bonita diantar ke B3 kantor security dan diminta membuat laporan. "Buat buka (rekaman) CCTV aku nunggu sekitar 1-2 jam. Datang CCTV-nya tapi cuma satu sisi aja. Dan untuk rekaman CCTV dari sisi lain katanya butuh waktu untuk memprosesnya," jelasnya.

Mobil dibobol di MallMobil dibobol di Mall Foto: Pool


Menurut Bonita, di rekaman CCTV terlihat jika pembobol membawa mobil Avanza/Xenia yang parkir di antara mobilnya dan mobil Jazz Silver. "Pintu kebuka tapi nggak ada orang yang keluar mobil dan masuk ke mall. Dia stay terus, nggak lama pintu mobil ditutup, terus mobil langsung pergi," kata Bonita.

Bukti surat pelaporan ke PolisiBukti surat pelaporan ke Polisi Foto: Pool


Bonita masih membutuhkan rekaman CCTV lagi untuk melihat pelat nomor si pembobol mobilnya. "Aku ke kantor Polisi Polsek Mampang setelah itu. Bikin laporan. Dan dibantu sampai dikasih surat referensi Kepolisian aja untuk dikasih ke pihak Kemvill biar mau buka CCTV. Sudah ku kasih, dan sampai sekarang si pelat nomor itu belum sampai ke tanganku," pungkas Bonita. (lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed