Kamis, 26 Apr 2018 14:27 WIB

Laporan dari Spanyol

Kikuknya Cari Parkir di Spanyol, 2 Jam Tarifnya Rp 90.000

Dadan Kuswaraharja, Dadan Kuswaraharja - detikOto
Parkiran mobil bawah tanah di Mallorca, Spanyol (Foto: Dadan Kuswaraharja) Parkiran mobil bawah tanah di Mallorca, Spanyol (Foto: Dadan Kuswaraharja)
Palma de Mallorca - Datang ke negara baru akan memberikan pengalaman berbeda saat berkendara. Misalnya saat harus mencari parkir. Di Eropa biasanya banyak aturan soal parkir yang sangat ketat, salah-salah Anda bisa kena denda dan ditilang polisi setempat.



Saat detikOto berkendara di Mallorca, Spanyol, tepatnya di Kota Palma de Mallorca, tak dipungkiri rasa kikuk saat nyetir itu ada. Diawali dengan harus beradaptasi lagi dengan posisi setir yang berbeda, karena seperti Eropa pada umumnya, Spanyol menganut sistem kemudi atau setir kiri, tidak seperti Indonesia yang menganut setir kanan.

Nyetir di kiriNyetir di kiri Foto: Dadan Kuswaraharja


Kadang kita pun jadi suka salah masuk mobil, yang nyetir masuk ke kursi penumpang, atau juga sebaliknya, penumpang malah masuk ke sisi pengemudi. Tapi lama-lama kelamaan mulai terbiasa menyetir dari sisi kiri.

Nah terus bagaimana dengan soal parkir? Beruntung BMW X1 bermesin diesel yang digunakan detikOto saat jalan-jalan di Mallorca, Spanyol, memiliki sistem connected drive-nya, mobil itu memiliki fitur navigasi yang canggih. Bisa menunjukkan lokasi parkir dengan tepat.



Tinggal cari saja huruf P besar di peta, dan mobil akan menunjukkan lokasi terdekat. Selain peta, connected drive juga memberikan informasi penting lainnya seperti berita, prakiraan cuaca, atau kalau Anda sekedar ingin mendengarkan streaming musik. Tak perlu lagi mengoneksikan HP ke mobil. Semua fitur hiburan yang biasa ada di HP anda sudah bisa ditemui di mobil.

Nah, mobil sudah menemukan lokasi parkir, dan kami diarahkan menuju sebuah lokasi parkir bawah tanah. Tapi kenapa antre ya di depan gerbang ya? Rupanya parkir bawah tanah ini memiliki sensor sendiri. Kalau kantong parkir sudah penuh, dia tidak akan mengeluarkan tiket parkir. Dalam layar informasi di gerbang akan terlihat petunjuk kalau parkiran sedang penuh.

Begitu ada mobil satu keluar, maka tiket akan keluar. Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya kami bisa mendapatkan tiket parkir. Dan meski terlihat penuh ternyata memang ada ruang kosong untuk parkir.

Di parkiran ini semuanya sudah serba otomatis, tak ada orang yang menjaga seperti yang biasa kita lihat di Indonesia. Semuanya harus sendiri. Mulai ambil tiket sampai bayar tiketnya. Bayar tiketnya harus lewat mesin otomatis. Tinggal masukan tiket dan mesin akan menghitung berapa uang yang Anda bayar. Mirip mesin vending minuman, Anda harus memasukkan koin atau uang kertas sendiri untuk membayar tiket.

Bayar tiket parkir di mesinBayar tiket parkir di mesin Foto: Dadan Kuswaraharja


Tarifnya berapa? 0,032105 euro per menit. Mobil masuk parkiran pukul 11.53 waktu setempat dan keluar pukul 14.38, sekitar 2 jam lewat kami parkir, jadi harus bayar sekitar 5,3 euro sekitar Rp 90.000, murah atau mahal? Silakan Otolovers menilai sendiri. Otolovers diberi waktu 15 menit untuk keluar parkir, kalau terlambat maka kena lagi biayanya.

Uang yang harus dibayarUang yang harus dibayar Foto: Dadan Kuswaraharja


Selain parkiran biasa, parkir bawah tanah di Mallorca biasanya sudah memasang tempat khusus untuk mengisi mobil listrik. Dalam pengamatan detikOto, mobil listrik yang biasanya mengecas baterainya di parkiran umum ini adalah mobil seperti Nissan LEAF dan BMW i3.

Pengisian baterai mobil listrikPengisian baterai mobil listrik Foto: Dadan Kuswaraharja

Wah sudah canggih ya? (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed