Artikel Terpopuler

Biaya Bikin dan Perpanjangan SIM Hingga Motor Ninja Bekas Mulai Rp 15,5 Jutaan

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 26 Jun 2021 14:57 WIB
Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi meluncurkan layanan SINAR atau SIM Nasional Presisi, yakni pelayanan SIM secara online. Layanan SINAR itu bisa dinikmati melalui aplikasi Digital Korlantas Polri.
Ilustrasi Foto: Rifkianto Nugroho

2. Alasan Pengemudi Bus Tidak Mematikan Mesin saat Mengisi Solar?

Apakah kamu pernah naik bus umum? Jika iya, pasti kamu pernah mengetahui perilaku pengemudi bus yang tidak mematikan mesin ketika mengisi bahan bakar di SPBU. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak boleh dilakukan, karena bisa memicu kebakaran. Lantas mengapa mesin bus tidak dimatikan saat isi solar?

Dijelaskan Head of Bus Product & Sales, Daimler Commercial Vehicles Indonesia, Adri Budiman, perilaku tersebut memang seperti menjadi kebiasaan umum bagi pengemudi bus, khususnya bus yang sudah dilengkapi dengan sistem pendingin AC.

"Hal ini kembali lagi kepada kebiasaan dan perilaku dari pengemudi bus, di mana beberapa pengemudi bus seringkali tidak mematikan mesin saat mengisi bahan bakar, dengan tujuan supaya kabin tetap sejuk dan penumpang tetap nyaman," kata Adri, dalam keterangan tertulisnya kepada detikOto.

Meski tujuannya untuk kenyamanan penumpang, Adri mengimbau agar perilaku tersebut tidak lakukan, karena bisa menjadi pemicu kebakaran dan ujung-ujungnya bisa merugikan orang lain di sekitarnya.

Weha One Business Bus yang dimiliki oleh perusahaan bus pariwisata White HorseIlustrasi Weha One Business Bus yang dimiliki oleh perusahaan bus pariwisata White Horse Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

"Setiap tempat pengisian bahan bakar seperti SPBU memiliki standar atau aturan yang perlu ditaati oleh setiap orang yang ingin mengisi bahan bakar kendaraannya. Hal ini bertujuan untuk memastikan keselamatan dan keamanan para pengunjung. Kami tetap terus mengimbau bagi para pengemudi bus untuk mematikan mesin saat mengisi bahan bakar di SPBU demi memastikan keselamatan penumpang," saran Adri.

Soal kebiasaan pengemudi bus tidak mematikan mesin, biasanya juga dilakukan di rest area. Tujuannya sama, yakni agar AC bisa tetap nyala dan membuat penumpang kabin bus tetap nyaman, tidak kegerahan. Selain itu, mesin sengaja tidak dimatikan karena mesin diesel turbo dinilai sensitif jika harus sering diaktifkan atau dinonaktifkan.



Simak Video "Mau Punya SIM Moge? Ini Syarat dan Biaya Pembuatannya"
[Gambas:Video 20detik]