Mau Jegal Tesla, Audi Siapkan Rp 169 T

Rizki Pratama - detikOto
Sabtu, 05 Des 2020 10:27 WIB
Static photo
Colour: tango red
Audi fokus pimpin elektrifikasi Volkswagen. Foto: Audi
Jakarta -

Audi telah ditunjuk memimpin Volkswagen dalam urusan kendaraan listrik dengan mengembangkan teknologi dan platform mobil listrik baru. Tugas Audi ini sudah berjalan dengan Project Artemis, unit ultra-rahasia berteknologi tinggi yang siap digunakan pada tahun 2024.

Platform ini akan digunakan oleh 3 mobil di bawah naungan VW, yaitu Audi, Bentley, dan Porsche. VW berambisi untuk merebut konsumen Tesla dan siap untuk memenuhi permintaan dana yang diajukan oleh Audi untuk menyelesaikan proyek tersebut.

Audi baru saja mengumumkan anggaran barunya sampai tahun 2025. Besaran investasi baru yang ditanamkan Audi untuk mobil listriknya itu adalah USD 12 miliar atau setara Rp 169 triliun.

"Berdasarkan perencanaan investasi, pengeluaran di awal pada tahun 2021 hingga 2025 berfokus pada implementasi Roadmap E tanpa kompromi, dengan produk berskala besar untuk model listrik sepenuhnya dan hybrid. Untuk elektrifikasi saja, jumlahnya sekitar 15 miliar euro," kata Audi sepert dikutip dari Carbuzz.

Audi sebelumnya berencana menghabiskan USD 12 miliar untuk elektrifikasi secara keseluruhan, tetapi rencana ini diubah menjadi untuk mobil listrik sepenuhnya saja. Untuk mobil hybrid akan ada dana tambahan sebesar USD 6 miliar.

Beberapa dari mobil listrik baru Audi yang akan dilahirkan dari dana tersebut adalah Audi Q4 e-tron dan sedan e-tron GT. Kedua mobil ini akan segera memasuki pasar pada tahun 2021 mendatang.

"Pada 2025 Audi AG akan memperluas e-portfolio-nya menjadi sekitar 30 model, di mana sekitar 20 di antaranya akan ditenagai seluruhnya oleh baterai listrik," tegas keterangan dari Audi tersebut.



Simak Video "Selamat! Audi Marissa dan Anthony Xie Sudah 'Sah'"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)