Duel Crossover SUV Listrik: Hyundai Kona Electric Vs Lexus UX 300e, Pilih Mana?

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 27 Nov 2020 06:02 WIB
Hyundai Kona vs Lexus UX 300e
Hyundai Kona vs Lexus UX 300e. Foto: Istimewa

Interior

Hyundai Kona EV menerapkan sistem Shift-by-Wire, yang menghilangkan proses mekanis dan memungkinkan perpindahan gigi hanya dengan menyentuh sebuah tombol dan rem parkir, juga melalui sebuah tombol.

Fitur lainnya ada Heads-up Display yang menyajikan gambar virtual ke panel transparan yang dipasang di belakang panel instrumen. Sistem ini dikatakan Hyundai bisa memberikan visibilitas siang dan malam yang sangat baik.

Dengan perbedaan harga cukup tinggi, Lexus UX 300e dilengkapi interior mewah dengan jok kulit. Mobil ini juga menawarkan berbagai fitur yang memberi kemudahan bagi penumpangnya. Salah satunya adalah Power Back Door with Kick Sensor, untuk membuka dan menutup bagasi hanya dengan gerakan kaki.

Selain itu, ada Digital Optitron Tachometer dan Head-Up Display yang dapat menampilkan informasi berkendara seperti kecepatan dan daya baterai di kaca depan sisi pengemudi. Mobil ini juga sudah memakai Electronic Drive Selector untuk pengalaman mengemudi mobil layaknya sebuah Lexus flagship.

Tak hanya itu, ada juga audio switch Lexus UX 300e yang berada pada arm rest untuk memudahkan kontrol sistem multimedia yang dilengkapi dengan 13-speaker Mark Levinson Surround Sound System dan 10.3" Center Display. Perangkat multimedia telah dilengkapi dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Lexus UX 30eLexus UX 30e Foto: Rifkianto Nugroho

Fitur-fitur Keselamatan

Urusan safety, Hyundai Kona Electric dilengkapi Drive Mode Select, Rear View Monitor with Dynamic Parking Guides, Parking Distance Warning, Tire Pressure Monitoring System, Hill Start Assist (HSA), 6-point air-bag, dan Electronic Parking Brake.

Sementara Lexus UX 300e punya 8 SRS airbags, Blind Spot Monitor, Panoramic View Monitor yang dapat memperlihatkan semua sisi Lexus UX 300e di layar depan dan All-Around Parking Sensors untuk mempermudah manuver saat parkir atau ketika menyusuri jalan sempit.

Tidak hanya itu, masih ada fitur Lexus Safety System+, dengan 4 fitur utama yaitu Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), dan Adaptive High Beam System (AHS).

Hyundai Kona ElectricHyundai Kona Electric Foto: Hyundai

Baterai dan Performa

Jarak tempuh Hyundai Kona EV mencapai 289 km (berdasarkan WLTP) dalam sekali pengisian daya. Pengisian daya penuh dapat dicapai dalam 54 menit dengan pengisian cepat (pengisian nol hingga 80 persen @ 100 kW).

Kona Electrik menggunakan motor listrik sinkron bermagnet permanen dengan efisiensi tinggi sebesar 134 dk yang disuplai oleh baterai lithium ion 39,2 kWh, dan menumpahkan torsi 395 Nm yang didistribusikan melalui roda depan.

Kemudian untuk Lexus UX 300e menggunakan motor listrik berkapasitas 54,3 kWh yang dapat menghasilkan tenaga 201 dk dan torsi puncak 300 Nm. Untuk penyuplai daya, mobil listrik ini menggunakan baterai jenis Lithium-ion, yang bisa menempuh 300 km (WLTP) dengan sekali pengisian daya listrik.

Dari hasil pengetesan internal, pengisian daya baterai Lexus UX 300e menggunakan AC wall charger butuh waktu 5-6 jam. Namun, jika butuh pengisian lebih cepat, dapat dilakukan pengisian daya menggunakan DC charger di SPKLU dalam waktu 50 menit. Dan jika menggunakan charger darurat atau cadangan, pengisian daya bisa memakan waktu hingga 19 jam.

Layanan Purnajual

Hyundai Indonesia memberi jaminan berupa biaya perawatan gratis sampai 5 tahun atau 75.000 km, garansi High Voltage Battery sampai 8 tahun atau 160.000 km, dan garansi dasar 3 tahun atau 100.000 km.

Sementara Lexus Indonesia, menyediakan 8-Year Complete Warranty tanpa batas kilometer yang juga mencakup perlindungan baterai. Selain itu, pemilik Lexus UX 300e juga akan mendapatkan 5 tahun gratis servis dan suku cadang tanpa batas kilometer.



Simak Video "Tok! Hyundai Tak Lagi Produksi Mobil Listrik Ioniq"
[Gambas:Video 20detik]

(lua/din)