Sabtu, 12 Sep 2020 20:57 WIB

Pertashop Dibikin untuk Saingi Pertamini?

Ridwan Arifin - detikOto
Pertashop di Sumbagsel Pertashop (dok. Pertamina (Persero))
Jakarta -

Selain Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), PT Pertamina (Persero) juga mengoperasikan Pertamina Shop (Pertashop) untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM).

Pertashop ini merupakan lembaga penyalur berskala kecil untuk melayani konsumen di tingkat desa yang jauh dari SPBU. Apakah ini dibuat untuk menyaingi Pertamini?

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR III, Eko Kristiawan mengatakan, Pertamini bukan bagian dari Pertamina. Sebab Pertamini menjual BBM dengan harga yang sudah pasti berbeda dari SPBU.

"Pertamini ini jelas bukan Pertamina, mereka menjual BBM dengan harga yang berbeda," ungkap Eko saat diskusi bersama Forum Wartawan Otomotif, Jumat (11/9).

Eko melanjutkan Pertashop dibuat untuk menjangkau wilayah yang dirasa jauh dari SPBU. Produk yang dijual itu BBM jenisnya Pertamax, kemudian ada LPG yang Bright Gas.

"Pertashop ini lembaga penyalur di tingkat desa, ini memperluas akses mayarakat terhadap energi jadi artinya untuk masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari SPBU, jadi ini kita hadirkan di level desa, memang skalanya kecil," imbuh Eko.

Dalam kesempatan yang sama, Pertamina Sales Area Manager Retail Banten, Probo Prasiddhahayu mengatakan skema Pertamini biasanya mengambil peluang dari Pertamina dengan memperjualbelikan kembali.

"Sebenarnya kita mendirikan Pertashop tidak ingin untuk bersaing dengan Pertamini, pemikiran kita justru ingin mendekatkan pelayanan kita kepada masyarakat, utamanya adalah masyarakat yang di pelosok desa di gunung pedalaman," sambungnya.

"Pertashop ini kita buka tetap mengedepankan aspek safety, aspek kualitas, dan aspek mutu," jelas Probo.

Pertamina menargetkan hingga akhir tahun akan mengoperasikan 4.308 unit Pertashop di seluruh Indonesia hingga Agustus 2020 sudah ada 500 unit Pertashop siap beroperasi di 23 provinsi di Indonesia.

Pertamina menegaskan bahwa Pertashop menyediakan BBM dengan harga dan kualitas yang sama seperti di SPBU. Takarannya juga tepat dan tetap memperhatikan faktor keselamatan.

Adapun kapasitas minimal penampungan BBM sebanyak 3.000 liter, sesuai dengan kategorinya, yakni Gold, Platinum dan Diamond. Pasokan dilakukan langsung oleh Pertamina melalui Terminal BBM terdekat.



Simak Video "Ini Hasil Pertemuan Ahok dan Erick Thohir"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com