Senin, 23 Mar 2020 12:11 WIB

Drive-Thru Ala Korsel, Tes Corona Massal di Jabar Cukup dari Mobil

Luthfi Anshori - detikOto
Rapid test corona di Jawa Barat Ilustrasi tes corona massal di Jabar dengan konsep drive-thru.Foto: Screnshoot instagram Ridwan Kamil
Jakarta -

Pemerintah Provinsi Jawa Barat bakal menggunakan konsep drive-thru untuk melakukan rapid test virus corona secara massal. Cara seperti ini sebelumnya sudah diterapkan oleh Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Seperti apa mekanisme tes corona massal dengan konsep ala restaurant cepat saji ini?

Dalam media sosial instagram-nya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberi gambaran alur pengetesan model ini.

Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil, tujuan tes corona dengan konsep drive-thru adalah untuk mengurangi kerumunan massa. Maka itu tes ini dilakukan di lapangan parkir sangat luas, seperti parkiran stadion, bandara, dan lain-lain. Di Jawa Barat, tes corona massal akan diselenggarakan di stadion.

Untuk mekanismenya, pertama, peserta tes harus datang sesuai panggilan (appointment). Antre satu per satu untuk menjaga jarak fisik dan waktu.

Selain itu, peserta tes tidak perlu turun dari mobil. Tidak ada persentuhan fisik sama sekali. Cukup di dalam kendaraan dan membuka kaca.

Dalam waktu 10 menit, jika hasilnya negatif maka peserta diperbolehkan langsung pulang. Sementara jika indikasinya positif, maka akan dilakukan pengetesan lanjutan, yakni prosedur tes PCR (Polymerase Chain Reaction), dengan mengambil sampel lendir di hidung dan tenggorokan.

Ridwan Kamil menegaskan, tes massal virus bernama COVID-19 ini tidak dilakukan untuk semua orang.

"Hanya untuk mereka yang ditandai punya risiko dan potensi tertular atau menularkan tinggi. Prosedur layak di tes atau tidak perlu, akan dikabari selanjutnya," ujarnya.

"Korea Selatan yang berpenduduk 51 juta pun, yang di tes masal hanya 300.000-an warga. Hanya kepada wilayah di zona merah dan individu-individu beresiko," jelasnya lagi.

Rapid test massal corona ini rencananya akan diadakan untuk warga Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang di area Stadion Patriot Chandrabhaga, Kota Bekasi.

Selain itu rapid test juga diselenggarakan di Stadion Pakansari untuk warga Kota/Kabupaten Bogor dan Kota Depok. Tes massal virus corona ini juga dibuka di Stadion Jalak Harupat untuk daerah lainnya, yang statistik pasiennya kecil. Rapid test massal corona di Bekasi dilakukan mulai besok Selasa (24/3/2020) atau paling lambat Rabu (25/3/2020).

Selain rapid test dengan konsep drive-thru, Pemprov Jabar juga membuka opsi lain pengetesan virus corona, yakni melalui sistem jemput bola atau pintu ke pintu (door to door). Tes ini diutamakan bagi mereka yang paling harus diwaspadai (ODP/PDP) di zona kota yang dekat secara jarak seperti pola di Jakarta.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Unik! Pengantin di Banyuwangi Bikin Resepsi Drive Thru"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com