Kamis, 10 Okt 2019 19:29 WIB

Di Jerman Ratusan Orang Kehilangan SIM Gegara Mabuk

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Berlin - Polisi Jerman mencabut ratusan Surat Izin Mengemudi (SIM) usai mengendarai skuter listrik (e-skuter) dalam keadaan mabuk. Hal ini terjadi saat festival bir Oktoberfest di Munich, Jerman.

Untuk diketahui Oktoberfest adalah festival makanan dan bir terbesar di Jerman. Sebanyak 414 orang ketahuan mengendarai e-skuter saat berada di bawah pengaruh alkohol, dan 254 orang terpaksa harus kehilangan SIM mereka.



Di Jerman, e-skuter disahkan pada bulan Juni, dan dikategorikan sebagai kendaraan bermotor. Hal ini juga membuat undang-undang berlaku agar tidak mengemudi dalam keadaan mabuk. Aturannya hanya dapat dikendarai di jalan atau di jalur sepeda, dan harus berusia di atas 14 tahun untuk dapat menungganginya.

Pihak berwenang di seluruh dunia saat ini sedang bergulat dengan cara menangani skuter. Ketika populasi perkotaan membengkak, kota-kota dan perusahaan baru mulai mencari solusi transportasi baru.

E-skuter menawarkan cara yang terjangkau dan cepat untuk melakukan perjalanan singkat di kota-kota yang padat, seperti halnya sepeda, tetapi tanpa ada yang berkeringat.

Namun CNN mengutip sebuah penelitian baru-baru ini oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, yang menemukan bahwa 1 dari 3 pengendara rental e-skuter terluka pada perjalanan pertama mereka.

Simak Video "Monorail Gantung, Solusi Kemacetan dari Jerman"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com