Rabu, 17 Jul 2019 12:01 WIB

Seperti Depok, Filipina Mulai Godok Beli Mobil Harus Punya Parkir

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi Foto: Agung Pambudhy Ilustrasi Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pemerintah Kota Depok mengajukan rancangan peraturan daerah (raperda) terkait kepemilikan garasi. Raperda itu mewajibkan pemilik mobil di Depok memiliki garasi.

Negara tetangga Filipina, kota Davao saat ini juga tengah menggodok aturan tersebut. Mengutip Autoindustriya, Rabu (17/7/2019) diharuskan memiliki beberapa bentuk surat pernyataan atau sertifikat bahwa mereka memiliki ruang untuk memarkir mobil mereka sebelum membeli. Dalam kata lain tidak ada parkir, tidak ada mobil.



Menurut Kantor Berita Filipina (PNA), anggota dewan kota Condrado Baluran mengatakan bahwa ia mendukung aturan itu. Dia mengatakan bahwa dia berharap aturan akan menyelesaikan kemacetan lalu lintas yang baru-baru ini menjadi masalah yang berkembang.

Anggota dewan menambahkan bahwa aturan itu tidak hanya akan mengurangi volume kendaraan di jalan, tetapi juga akan menyingkirkan masalah parkir ilegal.

"Sedih tapi benar, tetapi beberapa pemilik kendaraan mengubah jalan kita menjadi tempat parkir pribadi mereka sendiri, sehingga menghalangi arus lalu lintas," kata Baluran.



"Memang benar bahwa tidak ada yang memiliki hak untuk menghentikan seseorang dari membeli kendaraan mereka, tetapi ketika hak tersebut telah mulai menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang lain, masyarakat pada umumnya, maka tanggung jawab sosial akan dipertimbangkan," tambah Baluran.

Tetapi sebelum rencana diterapkan, tiap institiusi perlu mengadakan pembicaraan dengan sektor publik dan swasta.

"Kami akan melakukan dengar pendapat komite dan kami akan mengundang dealer mobil di kota ini, termasuk agen terkait seperti Kantor Transportasi Darat (LTO), Badan Transportasi Waralaba dan Regulator (LTFRB) dan Transportasi Kota dan Kantor Manajemen Lalu Lintas (CTTMO), untuk membahas masalah ini," kata anggota parlemen tersebut.


Seperti Depok, Filipina Mulai Godok Beli Mobil Harus Punya Parkir


Simak Video "Detik-detik Mobil Grand Livina Terbakar di Tanjakan Jahim Ciamis"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com