Minggu, 02 Jun 2019 15:09 WIB

Moge-moge Polisi Kawal Jenazah Ani Yudhoyono saat Menuju Kalibata

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom
Jakarta - Setelah melaksanakan serangkaian upacara militer, jenazah Ibu Negara ke-6 RI Ani Yudhoyono diberangkatkan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/5/2019). Puluhan rombongan bergerak secara bersamaan dengan kawalan belasan moge dan beberapa mobil militer.

Meski hanya terlihat sepintas, paling tidak ada tiga jenis motor yang mengawal jenazah dan bergerak tepat di belakang mobil Toyota Alphard yang ditumpangi SBY. Yakni Honda Gold Wing GL1800, BMW R 1200 GS, dan beberapa Yamaha FZ1. Tiap motor dikenakan oleh pasukan berbeda.


Seputar tentang Honda Gold Wing GL1800 yang digunakan polisi militer, itu adalah generasi ke-5 yang mengalami update di tahun 2011. Walau begitu, motor bermesin 6-silinder flatsix unicam berkapasitas 1800 cc tersebut punya fitur berlimpah.

Sedangkan BMW R1200GS sendiri merupakan motor bermesin 2-silinder flat twin atau boxer berpendingin udara dan cairan dengan tenaga 125 tk dan torsi 125 Nm. Motor ini mampu digas sampai 200 kpj.

Untuk Yamaha FZ1 yang biasa digunakan paspampres sendiri, menggendong mesin berkapasitas 998 cc DOHC dengan konfigurasi empat silinder segaris. Motor memiliki tenaga sampai 149,9 dk dengan torsi 106 Nm.

SBY sebelumnya sempat mengenang sosok istri tercintanya itu. Dia juga menceritakan tentang mimpi dan cita-cita Ani yang akan diwujudkannya bersama keluarga.

"Saya mohon doanya agar Bu Ani diterima oleh Allah, tenang dan bahagia. Semoga kami diberikan ketabahan, keikhlasan untuk melepas kepergian Bu Ani, dan insyaAllah apa yang dimimpikan Ibu Ani akan kami wujudkan," kata SBY.


Ani meninggal dunia di National University Hospital di Singapura pada Sabtu, 1 Juni 2019 setelah berjuang melawan kanker darah selama 4 bulan terakhir. Jenazah Ani kemudian dibawa terbang ke Indonesia untuk dimakamkan. Rencananya jenazah Ani akan dimakamkan di TMP Kalibata pada Minggu siang ini. (ruk/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed