Selasa, 09 Apr 2019 13:08 WIB

Armada Mobil Ambulans, Ada Jenisnya

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Ridwan Arifin Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Mobil ambulans dikenal sebagai salah satu kendaraan medis untuk mengangkut orang sakit atau korban kecelakaan. Seperti pemadam kebakaran, ambulans diberikan hak istimewa untuk melintas di jalan raya.

Namun jenis ambulans yang digunakan ternyata dibedakan sesuai fungsinya. Seperti diungkapkan salah satu sopir Ambulans dari rumah sakit plat merah di Jakarta, Arief Rahman.



Setidaknya ada tiga jenis armada, pertama untuk transportasi pasien yang mulai sehat ke rumah, kedua ambulans yang sifatnya emergensi (advance), dan terakhir mobil Jenazah. Tentu alat di dalamnya berbeda-beda.

"Untuk advance itu di dalamnya ada ventilator, monitor, ada juga piggyback, oksigen, juga ada infus, paling lengkap peralatan medisnya," ujar Arief kepada detikcom, di Jakarta Timur.

Bagian dalam mobil ambulansBagian dalam mobil ambulans Foto: Ridwan Arifin


Oleh karena itu setiap kru dan driver ambulans sudah dibekali pengetahuan medis yang cukup. Supaya ia dan rekannya dapat memberi pertolongan kepada pasien sesuai prosedur yang telah ditetapkan, apalagi dalam kondisi gawat darurat.

"Saat waktu pertama kali masuk ke ambulans kita sudah di training BHD (Bantuan Hidup Dasar) dan BTCLS (Basic Trauma Cardiac Life Support), jadi semua kru dan sopir ambulans itu harus punya sertifikat," kata Arief.

Selain itu ada juga mobil jenazah, prioritas dan haknya juga sama dengan Ambulans pada saat di lalu-lintas. Mobil jenazah tentu kegunaanya berbeda dengan Ambulans karena tidak difasilitasi dengan alat-alat medis dan P3K.

Armada Mobil Ambulans, Ada JenisnyaFoto: Rachman Haryanto


Arief mengatakan ruang di dalamnya memang lebih kosong dibandingkan mobil lainnya. "Tidak lemari, ngeplong aja, cuma bangku, sama keranda jenazah, tidak ada alat-alat," ucap Arief.


Simak Juga 'Mana yang Harus Didahulukan, Mobil Damkar atau Ambulans?':

[Gambas:Video 20detik]

(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed