Senin, 08 Apr 2019 18:50 WIB

Bukan Jerman, Jalanan Inggris Paling Aman di Eropa

Luthfi Anshori - detikOto
Big Ben di London (Foto: iStock) Big Ben di London (Foto: iStock)
London - Bukan jalanan Jerman yang punya autobahn, sebuah studi baru-baru ini dari Komisi Eropa (European Commission), menyatakan Inggris memiliki jalan raya teraman dari negara Uni Eropa mana pun.

Seperti diwartakan Auto Express, laporan statistik keselamatan jalan di tahun 2018, Inggris mencatat 28 kematian lalu lintas jalan untuk setiap satu juta penduduk.



Setelah Inggris, menyusul Denmark dan Irlandia untuk jumlah kematian terendah. Sedangkan jalan paling berbahaya ada di Rumania, Bulgaria, dan Latvia.

Secara umum, Uni Eropa telah mengalami penurunan satu persen angka kematian di jalan tahun lalu. Negara-negara Slovenia, Lithuania, Bulgaria, Slovakia, serta Siprus mengalami penurunan masing-masing sebesar 13%, 11%, 9% dan 8%.



Sedang untuk periode studi mulai tahun 2010 hingga 2018, Yunani jadi negara di Eropa dengan penurunan terbesar dalam jumlah kematian lalu lintas jalan, yakni 45 persen, diikuti Lithuania (43 persen), dan Portugal (35 persen), termasuk Slovenia (34 persen).

Meskipun ada perbaikan signifikan, masih ada 25.000 orang yang terbunuh di jalan-jalan Eropa tahun lalu, yang berarti bahwa UE masih jauh dari targetnya.

Munculnya berita ini menyusul adanya info bahwa UE bakal mewajibkan semua mobil baru dilengkapi pembatas kecepatan dan sejumlah sistem keselamatan mulai 2022.

Aturan lebih lanjut, termasuk pembaruan manajemen keselamatan infrastruktur, peluncuran platform transportasi yang aman, termasuk pembentukan UE Safety Exchange untuk mengatasi masalah keselamatan di jalan. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed